Home / Daerah / Penumpang Mudik di Pelabuhan Tenau Naik 10%

Penumpang Mudik di Pelabuhan Tenau Naik 10%

ILUSTRASI: KM Lambelu di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon/Foto: PT Pelni
ILUSTRASI: KM Lambelu di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon/Foto: PT Pelni

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Kepala PT Pelni Cabang Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Ishak Gerald mengatakan lonjakan penumpang mudik lebaran di Pelabuhan Tenau telah mencapai 10%.

“Sudah ada pergerakan penumpang mudik. Kemarin KM Awu mengangkut lebih dari 500 penumpang dari kondisi normal antara 300-500 penumpang. Saat ini lonjakan penumpang 10%,” kata Kepala PT Pelni Cabang Kupang Ishak Gerald di Kupang, Senin (4/6).

Lonjakan penumpang disebabkan lebaran tahun ini bertepatan dengan liburan sekolah sehingga warga memilih mudik lebih awal.

KM Awu adalah satu dari empat kapal yang disiapkan mengangkut pemudik dari Kupang. Tiga kapal lainnya Wilis, Bukit Siguntang dan Sirimau.

Dari empat kapal tersebut, hanya KM Bukit Siguntang  yang menambah frekuensi pelayaran dari biasanya dua kali dalam sebulan menjadi empat kali. “Penambahan frekuensi pelayaran untuk mengakomodir lonjakan penumpang,” ujarnya.

Baca Juga :  Krisis Air Bersih, Warga Manutepen Ambil Air dari Pipa PDAM

Dia mengatakan lonjakan penumpang mudik tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya yakni mencapai 10%. Pelni juga memberikan dispendasi tambahan penumpang 30% dari daya angkut kapal. Namun tambahan penumpang tetap berpatokan pada peralatan keselamatan.

Selain armada yang disiapkan, Pelni juga memiliki tiga armada perintis yang juga akan mengangkut penumpang mudik maupun warga yang akan berlibur yakni KM Sabuk Nusantara 49, KM Nanggalala, dan KM Nemberala. (mi/palce)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda