Home / Nasional / Penumpang Kapal Kupang-Maluku Keluhkan Harga Makanan ke Menhub

Penumpang Kapal Kupang-Maluku Keluhkan Harga Makanan ke Menhub

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi  Berdialog Bersama Penumpang Kapal Sabuk Nusantara 46   Theresia Oliver asal Maluku. Foto: Gamaliel
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Berdialog Bersama Penumpang Kapal Sabuk Nusantara 46 Theresia Oliver asal Maluku. Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Pelabuhan Pelni Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (29/10) sore.

Kunjungan itu bertujuan mengecek kondisi dan fasilitas transportasi pelabuhan sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan pelayanan.

Di pelabuhan tersebut, Menhub bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya disambut antusias oleh penumpang Kapal Perintis Sabuk Nusantara 46 yang akan berlayar menuju Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Maluku.

Dalam dialog singkat besama Menhub, seorang penumpang asal Pulau Leti, Maluku Tenggara Barat bernama Theresia Oliver menyampaikan keluhan tentang mahalnya harga makanan di kapal tersebut.

“Kami berlayar dari Kupang ke Leti selama tiga hari, harga tiket Rp30.000 per penumpang, tetapi kami harus beli makanan di kapal,” ujarnya.

Baca Juga :  Rabu Pagi, Presiden Resmikan Gedung Baru Kantor Gubernur NTT

Harga makanan terdiri dari nasi sebesar Rp20.000 per bungkus, dan harga air mineral Rp15.000 per botol, sehingga untuk makan satu kali saja, setiap penumpang masih mengeluarkan uang sekitar Rp35.000.

“Itu murah atau mahal,” tanya Menhub Budi. Menurut Theresia, harga tiket dan makanan sebesar tetap diterima penumpang. “Kami terima saja karena itu harga yang ditentukan pemerintah,” ujarnya.

Terkait keluhan tersebut, Menhub mengatakan sebagai masukan untuk bahan evaluasi. “Kita akan melakukan evaluasi berkaitan dengan fungsi-fungsi kapal ini (Sabuk Nusantara 46). Tim dari perhubungan laut akan melihat juga Pelni dan ASDP, jika ada yang kurang akan diperbaiki,” ujarnya.

Seusai mengunjungi pelabuhan Tenau, Menhub kemudian melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Belu menggunakan pesawat untuk meninjau Bandara dan pelabuhan di wilayah yang berbatasan dengan Timor Leste tersebut. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda