Home / Politik / Pengesahan DOB Adonara dan Maumere Belum Pasti

Pengesahan DOB Adonara dan Maumere Belum Pasti

Bagikan Halaman ini

Share Button
Patung Teka Iku di Kota Mmaumere/Foto: Gamaliel

Patung Teka Iku di Kota Mmaumere/Foto: Gamaliel

Kupang—Lintasntt.com: Daerah Otonomi Baru (DOB) Adonara dan Kota Maumere di Nusa Tenggara Timur belum disahkan dalam waktu dekat.

Alasannya sampai saat ini DPR belum mengadendakan pengesahan dua DOB yang sudah diajukan sejak 2010 tersebut.

Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya mengatakan itu dalam rapat kerja bersama DPRD di Kupang, Selasa (21/4). Ia mengatakan dua daerah itu telah memenuhi syarat-syarat daerah otonomi baru sesuai hasil validasi faktual tahun 2014 lalu, dan sesuai amanat Presiden Nomor 65 Tahun 2015 sehingga tidak ada kendala lagi.

“Pemerintah NTT tetap berkoordinasi dengan Komisi II DPR dan Komte I DPD agar kedua calon DOB baru tersebut bisa segera disetujui dan ditetapkan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Baca Juga :  Kemenangan MDT-DT Sulit Dianulir

Dia menyatakan, sampai 2015 pihaknya sudah merespons setiap aspirasi masyarakat terkait pembentukan daerah otonomi baru di NTT, terdiri dari tujuh calon DOB termasuk Adonara dan Maumere. Lima lainnya yakni Amanatun, Pantar, Sumba Timur Jaya, Sumba Selatan dan Pahungalodu.

“Pantar dan Amanatun sudah diusulkan kepada pemerintah pusat, masing-masing pada Maret dan September 2014.Sekarag tinggal tunggu proses validasi yang akan dilakukan pemerintah pusat,” ujarnya. (gamaliel)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda