Home / Bisnis / Pemprov NTT Akan Bangun Bandara Baru

Pemprov NTT Akan Bangun Bandara Baru

IMG_8901

Bagikan Halaman ini

Share Button

KUPANG—LINTASNTT.COM: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) akan membangun bandar udara baru bertaraf internasional menggantikan bandara El Tari yang berada di lahan milik TNI Angkatan Udara.

Sekretaris Daerah (Sekda) NTT Fransiskus Salem mengatakan pihaknya sedang mencari lahan seluas minimal 30 hektare di luar sekitar wilayah Kota Kupang untuk pembangunan bandara tersebut. “Ke depan NTT akan memiliki bandara baru, saat ini sedang pencarian lahan untuk selanjutnya dibebaskan,” katanya kepada wartawan di Kupang, Rabu (31/7).

Pembangunan bandara tersebut bertujuan mendukung pengembangan sektor pariwisata serta kelautan dan perikanan di daerah tersebut. Sesuai program pemerintah daerah, dua sektor tersebut akan dikembangkan secara besar-besaran mulai 2014.

Baca Juga :  Bali-Nusa Tenggara Sumbang Pertumbuhan Ekonomi Nasional 2,8%

NTT juga bertetangga dengan negara Timor Leste dan Australia. Namun wisatawan yang akan berkunjung ke daerah ini masih harus melalui bandara internasional Ngurah Rai di Bali. Ia mengatakan setelah bandara baru dibangun, penerbangan dari Timor Leste atau dari Darwin Australia bisa dibuka.
Pemerintah daerah telah mengusulkan penerbangan langsung dari Darwin, Australia Utara sejak tahun lalu, namun belum disetujui. “Sudah ada beberapa lahan yang sedang dilakukan survei, seperti di Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan survei lahan di Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang yang berjarak sekitar 30an kilometer dari Kota Kupang namun belum dipastikan apakah lahan tersebut disetujui untuk dibuka menjadi bandara. Menurutnya usulan dana rencana pembangunan bandara baru akan dimasukan dalam perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APDB) tahun ini. (GBA)

Baca Juga :  TTU Turunkan Angka Kemiskinan Dengan 'Sari Tani'

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda