Home / Travel / Pemerintah Bangun Pulau Mules

Pemerintah Bangun Pulau Mules

Pulau Mules./Copyright: Willy Grasias/beritasatu.com
Pulau Mules./Copyright: Willy Grasias/beritasatu.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Labuan Bajo–Potensi Pulau Mules, di Manggarai, Nusa Tenggara Timur, terus diberdayakan. Bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi berkomitmen mengembangkannya sebagai destinasi wisata unggulan dan menjadi kebanggaan masyarakat.

Sejumlah bantuan pun diluncurkan untuk Pulau Mules. “Kami memberikan bantuan berupa penyediaan dermaga kayu dan perahu untuk mempermudah akses menuju ke Pulau Mules,” kata Direktur Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu, Kementerian Desa, Johozua M Yoltuwu, di Manggarai, kemarin.

Pulau Mules memiliki luas 18.029 hektare. Daerah ini memiliki pemandangan alam berupa hamparan bukit batu dan padang rumput alam. Kecantikan daerah ini makin lengkap dengan keanekaragaman hayati yang ada.
Di sekitar pulau ini hidup beragam satwa, antara lain, penyu, lumba-lumba, ikan beragam jenis, gugusan coral dan anemon yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Selain itu, dengan ukuran ombak sedang, tempat ini sangat cocok untuk kegiatan surfing, snorkling, dan diving.

Baca Juga :  Asyiknya Naik Cidomo di Gili Trawangan

Johozua menjelaskan, pihaknya juga akan memberikan bantuan lain, yaitu kapal barang berbobot 35 ton. Bersama Pemerintah Kabupaten Manggarai, mereka juga berencana menyelesaikan pembangunan rabat beton yang mengelilingi pulau sepanjang 21 kilometer.

“Kapal barang sangat membantu nelayan dalam mendistribusikan hasil tangkapan mereka, sedangkan rabat beton untuk membuka akses serta menjadi daya tarik pariwisata dengan tur keliling pulau,” jelasnya.

Untuk mendukung program pengembangan pariwisata, Kemendes PDTT juga akan menyediakan dana untuk pembangunan sarana prasarana di Pulau Mules. (sumber: media indonesia)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda