Home / Nasional / Pemerintah akan Bentuk Provinsi Timor

Pemerintah akan Bentuk Provinsi Timor

Peta NTT
Peta NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Pemerintah Pusat telah mengusulkan pembentukan Provinsi Timor, pemekaran dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Usulan Pembentukan Provinsi Timor bersamaan dengan usulan pembentukan 8 calon daerah persiapan di NTT.

Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno mengatakan wacana pembentukan Provinsi Timor merupakan bagian dari grand design nasional terhadap wilayah yang terletak di perbatasan negara tetangga.

“Karena Pulau Timor terletak di wilayah perbatasan (Timor Leste dan Australia), pemerintah pusat memiliki kewenangan melakukan pemekaran,” ujarna.

Namun wacana tersebut menurut Anwar belum diikuti dengan penjelasan pemindahan ibu kota Nusa Tenggara Timur. “Kami tanya nanti Provinsi NTT pindah ke mana?,” ujarnya.

Terkait pembentukan Provinsi Kepulauan Flores, menurut Anwar masih berjalan di tempat. “Pembentukan Provinsi Flores belum jelas, masih di tataran aspirasi,” ujarnya.

Baca Juga :  Mensos Tinjau Warga Bedah Rumah di Kupang

Salah satu alasannya ialah belum ada kesepakatan tentang ibu kota. Menurut Anwar, DPRD NTT pernah menganggarkan dana sebesar Rp1,5 miliar untuk sosialisasi provinsi Flores pada 2015 tetapi dana tersebut tidak dimanfaatkan. “Kami kecewa karena dana itu tidak dimanfaatkan sehingga menjadi Silpa,” ujarnya. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda