Home / Politik / Pejabat di Sikka Harus Jadi Panutan Masyarakat

Pejabat di Sikka Harus Jadi Panutan Masyarakat

pelantikan-sikka

Bagikan Halaman ini

Share Button

Maumere–Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera minta seluruh pejabat Eselon II di daerah itu menjadi teladan dan panutan di tengah masyarakat.

Karena itu mereka dituntut memiliki keterampilan dan keahlian agar mampu berinovasi dan berkerasi dalam menjalankan roda pemerintah untuk mempersembahkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Hal itu sesuai dengan sumpah dan janji saat pelantikan menjadi pejabat publik.

Bupati Yoseph mengatakan itu dalam sambutannya seusai melantik 28 pejabat Eselon II di ruang lingkup pemerintahan Kabupaten Sikka Jumat (30/12). Pelantihkan berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Sikka.

“Kita dituntut untuk memiliki keterampilan dan keahlian dalam memimpin, segingga mampu berinovasi dan berkerasi dalam pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati Sikka

Bupati Ansar Rera menegaskan bahwa pergantian organisasi perangkat daerah hanya dengan satu harapan bagi yang dipercayakan untuk jabatan tertentu dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Tanggung jawab, tidak hanya takut pada bupati tetapi harus takut kepada masyarakat dan Tuhan dalam melaksnaakn tugas karena masyarakat menaruh harapan kepada seluruh pejabat publik.

Baca Juga :  Panwaslu Kota Kupang Batalkan Jonas-Nikolaus Ikut Pilkada

Menurut Ansar Rera, sumpah tidak saja sebagai seremonial belaka, tetapi harus dihayati secara sungguh sungguh dan mampu mendorong untuk bekerja lebih baik. Oleh karena pejabat sebagai pelayanan publik dituntut untuk meningkatkan kompetensi dalam menjalankan tugas.

Ansar menambahkan dalam kompetensi ada 3 hal yang diperhatikan diantaranya kemampuan intelektual yang tinggi, ‎serta harus memiliki keterampilan dan keahlian tertentu yang akan diaktualitaskan dalam menjalankan tugas, harus punya kepedulian dari diri sendiri untuk belajar sehingga dapat berbuat yang terbaik kepada masyarakat.

“Pengetahuan saja tidak cukup untuk melayani masyarakat. Karena masyarakat memandang kita sebagai kalangan elit yang dapat menjadi teladan dan panutan dalam kehidupan msayarakat. Selama 3 tahun pejabat eselon bersama saya, banyak hal yang telah dibuat, tetapi masih banyak hal yang kita perbuat untuk masyarakat,” jelasnya

Baca Juga :  ASN Wajib Kenakan Peci Saat Apel Kesadaran

Salah satu pejabat eselon dua yang dilantik, Reineldis Padji, yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Dinas Koperasi yang mendpaat kepercayaan pada jabatan baru sebagai sebagai staf Ahli bidang ekonomi, menegaskan bahwa seorang pejabat eselon harus loyal kepada atasan dan total dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Hal itu agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat

“Sebagai PNS saya siap ditempatkan di mana saja di seluruh Indonesia. PNS itu wajib hukumnya harus loyal pada atasan dan tulus iklas dalam menjalankan tugas yang dipercayakan,” kata istri mantan Wakil Bupati Sikka

Dalam kesempatan itu, bupati siika melantik, 28 pejabat eselon, baik yang menduduki jabatan baru maupun pengukuhan kembali bagi kepala dinas yang tetap pada SKPD sebelumnya. (*)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda