Home / Politik / PDIP Berpotensi Menang Pilpres Jika Usung Jokowi

PDIP Berpotensi Menang Pilpres Jika Usung Jokowi

Bagikan Halaman ini

Share Button

 ¬†Jakarta–Lintasntt.com: PDIP dinilai mampu melengang santai memperoleh minimal 20% kursi di DPR dalam Pemilu 2014 tanpa harus berkoalisi. Asalkan partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri itu mengusung Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

“Mengacu pada ketentuan UU tentang Pilpres yang syaratnya minimal 20% kursi di DPR, PDIP bisa maju sendirian,” ucap surveyor Indonesia Research Institute (IRC) Yunita Mandolang di Rumah Makan Kampung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (1/2).

Hal tersebut dikarenakan pengaruh tingginya elektabilitas Jokowi sebagai capres. Gubernur DKI Jakarta ini memperoleh elektabilitas tertinggi menurut hasil survei IRC, yaitu 31%.

Selain itu, untuk Partai Gerindra, meski elektabilitas Prabowo Subianto hampir selalu menduduki posisi kedua dalam berbagai survei, tetap tidak bisa hanya mengandalkan partainya saja untuk memperoleh 20% kursi di DPR. “Setidaknya 6-7% suara masih dibutuhkan Gerindra, karena perolehannya baru 14%” ucap Yunita.

Baca Juga :  KonJen Amerika Apresiasi Program Inovasi Kota Kupang

Sedangkan Partai Golkar dan Partai Demokrat, menurut dia, berpeluang sangat kecil untuk bisa memenangi pilpres. Mengingat kandidat yang dijual elektabilitasnya sangat rendah. (metrotvnews.com)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda