Home / Travel / Pawang di Alor Memangil Dugong dengan ‘Mawar’

Pawang di Alor Memangil Dugong dengan ‘Mawar’

Dugong (duyung) yang Dipanggil 'Mawar' oleh Pawang/Foto: Lintasntt.com
Dugong (duyung) yang Dipanggil 'Mawar' oleh Pawang/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kalabahi–Satu dari tiga dugong yang dipanggil pawang Onesimus La’a di perairan Pulau Sikka, Kabupaten Alor, Sabtu (20/7/2019) siang, bernama ‘Mawar’.

Onesimus memanggil Dugong dengan sebutan ‘Mawar’ sejak 1999, atau saat Dia bersahabat dengan mamalia laut tersebut.

“Awalnya saya panggil dengan nama Mawar, baru pada 2017 dia memperlihatkan kelaminnya kepada saya ternyata jantan. Tapi saya sudah telanjur panggil Mawar,” ujarnya kepada wartawan di perairan Pulau Sika.

Pulau Sika ditempuh dengan perahu dari Pantai Mali, Kecamatan Kabola sekitar 20 menit.

Menurut Onesimus, dugong yang berada di perairan tersebut berjumlah tiga ekor. Dua ekor lagi yakni betina dan anaknya lanjut Onesimus, tidak mau muncul ke permukaan laut. “Anak Dugong belum bisa menyesuaikan diri dengan tamu sehingga tidak muncul,” ujarnya.

Baca Juga :  Tour de Timor Indonesia Promosikan Pariwisata NTT

Dia mengatakan di habitat dugong di perairan Sika masih cukup bagus karena tutupan lamun yang merupakan makanan dugong masih baik yakni sekitar 62,2%.

Sesuai laporan WWF, lamun yang terdapat terdapat di perairan Sikka terdiri dari halophila ovalis, holodule uninervis dan cymodocea roundata. “Saya juga mengawasi padang lamun kalau ada yang rusak, saya ambil di tempat lain untuk tanam,” ujarnya.  Sedangkan ancaman bagi dugong dan habitanya menurut Dia, berasal dari nelayan daerah lain, pencemaran dan bulu babi. (gma)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda