Home / Nasional / Pasukan Katak dan SAR Kawal Prosesi Laut

Pasukan Katak dan SAR Kawal Prosesi Laut

Bagikan Halaman ini

Share Button
Prosesi Laut Semana Santa/Foto: Lex

Prosesi Laut Semana Santa/Foto: Lex

Larantuka—Lintasntt.com: Sebanyak 35 anggota pasukan katak TNI AL dan Badan SAR Nasional (Basarnas) mengawal prosesi Semana Santa di Larantuka, Flores Timur, Jumat (3/4).

Jumlah itu merupakan bagian dari 702 aparat keamanan yang bertugas mengamankan prosesi tersebut.

SAR dan TNI Angkatan Laut bertugas mengamankan prosesi laut yaitu mengantar Patung Tuan Meninu (kanak-kanak Yesus) dari Kapela Pantai Kota, Kelurahan Sarotari menuju ke Pantai Kuce, Kelurahan Balela. Puluhan pasukan katak tersebut dilengkapi dua Rigid Inflatable Boat (RIP), dan dua unit RCR.

Pelibatan aparat keamanan dan SAR dinilai tepat guna mengantisipasi musibah pada prosesi laut 19 April 2014 terulang. Ketika itu, perahu motor yang mengangkut pesiarah tenggelam dan mengakibatkan 8 orang tewas.

Baca Juga :  Perangkat Daerah Baru NTT Berlaku Mulai 1 Januari

Kapolres Flores Timur Ajun Komisaris Besar (AKB) Dewa Putu Gede Artha, SH mengatakan, setelah kecelakaan maut yang menimpa rombongan prosesi laut pada tahun 2014 silam, kini pihak kepolisian memberlakukan pengamanan ekstra saat pelaksanaan prosesi laut.

“Kita sudah siapkan Pam dengan kekuatan Polri, Pol Air, Basarnas, TNI AL, Syahbandar dan komponen masyarakat lintas Agama dengan kekuatan seluruhnya berjumlah 702 orang,” ujarnya kepada Lintasntt.com di Larantuka.

Di tempat terpisah, Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Humas Setda Flores Timur, Dominggus Tibo mengatakan, prosesi laut yang digelar dari Kapela Pantai Kota, Kelurahan Sarotari menuju ke Pantai Kuce, Kelurahan Balela berjalan lancar.

“Suasananya lebih khusuk karena seluruh kapal dan perahu diatur secara tertib. Aparat Keamanan bekerjasama dengan Pemkab Flotim membatasi sebuah Kapal hanya boleh mengangkut 30 penumpang yang sudah dicatat namanya. (lex)

Baca Juga :  Senator Andre Garu Serahkan 10 Program Prioritas NTT ke Menkeu dan Bappenas

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda