Home / Humaniora / Pasien Covid-19 Kupang Lawan Tekanan Psikis dan Rajin Minum Vitamin C

Pasien Covid-19 Kupang Lawan Tekanan Psikis dan Rajin Minum Vitamin C

El Asamau/Dok. Pribadi
El Asamau/Dok. Pribadi

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang – El Asamau, pasien korona (covid-19) pertama di Nusa Tenggara Timur (NTT) sembuh setelah menjalani perawatan di ruang isolasi RS WZ Johannes Kupang selama 14 hari.

Asamau dirawat karena sesuai swab yang diambil pada 27 Maret 2020, dinyatakan positif korona. Hasil swab baru keluar dari rumah sakit pada 9 April 2020 dan mulai menjalani perawatan di ruang isolasi mulai 10 April 2020 hingga 24 April 2020.

“Saya termasuk dalam kelompok orang tanpa gejala yang tidak menyadari terpapar kemudian sembuh sendiri. Mungkin karena imun tubuh saya cukup kuat karena selama kegiatan di Jawa, saya rutin minum vitamin C, termasuk saat kembali ke Kupang,” katanya di Kupang, Kamis (21/5) sore.

Baca Juga :  Djarum Foundation Gelar Road to Campus di Undana

El diduga terpapar korona selama berada di Jakarta dalam rangka persiapan studi lanjut di salah satu universitas di Amerika Serikat.

Selama berada di ruang isolasi, Dia mengaku lebih banyak menyesuaikan diri dengn tekanan psikis. Hal itu karena aparatur sipil negara (ASN) dari Kabupaten Alor itu sempat mengumumkan secara terbuka terkait statusnya sebagai pasien positif korona lewat media sosial. Dia melakukan itu karena orang menanyakan keadaannya lewat berbagai media komunikasi. “Sempat drop, tapi akhirnya bisa kuat secara mental,” ujarnya.

Setelah keluar dari rumah sakit, saat ini Asamau melakukan beberapa aksi kemanusiaan melalui Yayasan Dola Koyakoya yang didirikannya, termasuk memberikan bantuan sembako kepada keluarga pasien positif covid-19.

Baca Juga :  ODP 1.577, NTT Belum Aman dari Virus Korona

Dia juga mendonorkan plasma darahnya untuk memberikan antibodi bagi pasien korona yang dirawat ri rumah sakit. “Pertimbangan kami adalah karena setiap keluarga ini pasti di isolasi dan tidak bisa memenuhi kebutuhan mereka sendiri,” ujarnya. (sumber: mi/palce)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda