Home / Politik / Pangdam Udayana Ingatkan Prajurit Awasi Ketat Pulau Terluar

Pangdam Udayana Ingatkan Prajurit Awasi Ketat Pulau Terluar

Bagikan Halaman ini

Share Button
Komandan Korem 161 Wirasakti Kupang Brigjen Achmad Yuliarto

Komandan Korem 161 Wirasakti Kupang Brigjen Achmad Yuliarto

Kupang—Lintasntt.com: Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal Torry Djohar BT mengingkatkan prajurit di jajaran Korem 161 Wirasakti Kupang memberikan pengamanan optimal terhadap empat pulau terluar di daerah itu.

Empat pulau terluar itu ialah Batek, Mengudu, Dana Sabu, dan Dana Rote. “Pengamanan serius harus dilaksanakan secara optimal untuk menghindari klaim negara lain atas pulau tersebut sehingga kedaulatan NKRI tetap terjaga,” ujarnya lewat sambutan tertulis yang dibacakan Komandan Korem 161 Wirasakti Kupang Brigjen Achmad Yuliarto, Selasa (24/2).

Sambutan Pangdam tersebut terkait HUT Korem 161 Wirasakti yang ke-54. Ia mengatakan tugas Korem Wirasakti tidak ringan karena berbatasan langsung dengan Timor Leste yang berhubungan langsung dengan masalah pengamanan perbatasan kedua negara.

Baca Juga :  Hanura Serahkan SK Dukungan untuk Jonas-Niko

Kendati pengamanan perbatasan telah ditangani oleh pasukan penjaga perbatasan, akan tetapi persoalan seperti pelanggaran lintas batas, penyelundupan, penyusupan, serta perlintasan imigran gelap juga harus menjadi perhatian penuh jajaran Korem 161 Wirasakti.

Untuk pengamanan perbatasan, prajurit juga diingatkan meningkatkan koordinasi bersama satuan pengamanan Timor Leste guna menghindari kesalapahaman atau kesalahan tindakan dalam mengambil keputusan.

Sementara itu dari empat pulau tersebut hanya dua pulau yang ditempati prajurit TNI yakni Batek yang berbatasan dengan Timor Leste dan Pulau Dana Rote yang berbatasan dengan Australia. Pulau Dana Sabu dan Mengudu belum ditempati prajurit, namun dua pupau ini sering dijadikan tempat berlabuh kapal-kapal nelayan. (gamaliel)

Baca Juga :  Kader Golkar dan PPP Bisa Melamar Lewat PAN

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda