Home / Travel / Pagi Ini Pebalap Melintasi Tanjakan ‘Super Gila’ Ende-Bajawa

Pagi Ini Pebalap Melintasi Tanjakan ‘Super Gila’ Ende-Bajawa

Panorama Tanjakan 'Super Gila' di Bajawa/Foto: Gamaliel
Panorama Tanjakan 'Super Gila' di Bajawa/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Ende–Etape ketiga Tour de Flores dilepas dari Ende menuju Bajawa sejauh 123,3 kilometer, Sabtu (21/5/2016) pukul 09.00 Wita dan dijadwalkan memasuki garis finis pukul 12.00 Wita.

Pebalap akan melintasi tanjakan Hors Category di Mangulewa, Bajawa yang dilkenal sangat menantang sehingga akan kembali menjadi panggung bagi para pebalap spesialis tanjakan.

Pelepasan peserta dilakukan Bupati Ende Marsel Petu, didampingi Uskup Agung Ende, Mgr Vincentius Sensi Potokota.

Di kilometer awal, para pebalap masih diprediksi bakal berada dalam satu rombongan. Mereka disuguhi trek yang landai. Hanya ada sedikit tanjakan di Numba, cuma 15 mdpl.

Tanjakan tajam baru akan dirasakan para pebalap di Boelowo pada kilometer 50. Di puncakan jalan tersebut sekaligus bakal jadi perebutan poin tanjakan kedua bagi para pebalap setelah poin King of Mountain (KoM) pertama diperebutkan di Numba.

Baca Juga :  Obyek Wisata Mangrove dan Batu Kepala Butuh Pengembangan Infrastruktur

Medan kemudian bervariasi naik dan turun hingga kilometer 90. Trek berganti dengan dominasi tanjakan sampai pada puncakan tertinggi di Malanusa (kilometer 102,1). Lokasi itu sekaligus menjadi perebutan poin KoM ketiga.

Setelah melewati Mataloko, para pebalap kembali dihadapkan kepada jalur yang dominan dengan tanjakan. Sampai Mangulewa yang ada di ketinggian 1.313 mdpl sebagai Hors Category (HC) pada balapan ini. KoM keempat bakal diperebutkan pada area tersebut.

Daniel Whitehouse, yang memegang red jersey sebagai pimpinan lomba, memprediksi trek etape ketiga tidak bakal lebih mudah ketimbang etape kedua. Dia pun bakal berusaha ekstra keras untuk mempertahankan jersey merah miliknya.

“Etape besok akan sangat menantang. Setelah balapan hari ini saya akan mempunyai satu hari istirahat sehingga besok siap untuk balapan lagi. Race besok akan sangat berat tapi akan sangat fantastis,” kata Whitehouse.

Baca Juga :  Daniel Whitehouse Juara Tour de Flores 2016, Manulang Terbaik Asia

Robin Manulang, pebalap tim nasional Indonesia yang merebut predikat pebalap terbaik Asia, juga menyebut balapan di etape ketiga bakal lebih sulit ketimbang etape pertama dan kedua.

“Apalagi saya cuma terpaut tidak jauh dengan peringkat kedua blue jersey (pebalap terbaik Asia), jadi saya harus mati-matian besok,” kata Robin. “Jalurnya lebih susah karena berkelok-kelok dan akan ada banyak tanjakan,” tutur dia. (gma/sumber: detikcom)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda