Home / Bisnis / Pabrik Mobil Tiongkok di Rusia Mulai Produksi

Pabrik Mobil Tiongkok di Rusia Mulai Produksi

Pabrik milik Great Wall Motors di Tula, Rusia/Copyright: Great Wall Motors
Pabrik milik Great Wall Motors di Tula, Rusia/Copyright: Great Wall Motors

Bagikan Halaman ini

Share Button

Tula, Rusia,/PRNewswire-Pabrik Great Wall Motors di Tula, Rusia, fasilitas manufaktur dengan proses lengkap pertama yang sepenuhnya dimiliki produsen otomotif Tiongkok ini di luar negara asalnya, resmi berproduksi pada 5 Juni 2019.

Pabrik di Tula senilai USD 500 juta tersebut diselesaikan setelah masa pembangunan selama empat tahun, dengan kapasitas produksi tahunan sebesar 150.000 unit, 65 persen di antaranya akan diproduksi secara lokal.

Di saat bersamaan, model kendaraan pertama yang dijual produsen otomotif Tiongkok ini di seluruh dunia, Haval F7, menuntaskan lini produksinya dan kini tersedia di sejumlah pasar di luar Tiongkok.

Hal ini menandai babak baru bagi strategi global produsen otomotif tersebut, namun lebih penting lagi, aksi ini merintis jalan bagi sejumlah merek otomotif Tiongkok untuk menjalani kiprah baru di pasar global

Baca Juga :  Gubernur Lantik Direktur Pemasaran Kredit Bank NTT

Dimulainya kegiatan produksi di pabrik Tula bermakna besar bagi Great Wall Motors, seiring langkahnya dalam mempercepat pelaksanaan strategi global.

Dengan pendirian pabrik lokal, produsen otomotif ini berada di posisi yang baik untuk membuat berbagai kendaraan secara efektif sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar lokal dengan lebih baik.

Pabrik Tula diperkirakan berdampak jangka panjang dan luas terhadap globalisasi industri otomotif Tiongkok, karena hal tersebut menjadi model “turnkey” bagi ekspansi global yang ditempuh sejumlah produsen otomotif Tiongkok lainnya agar dapat berekspansi ke pasar internasional.

Proyek ini menjadi investasi terbesar yang ditanamkan pelaku industri manufaktur Tiongkok di Rusia, dan diperkirakan menghasilkan nilai produksi total sebesar lebih dari RMB 18 miliar (sekitar USD 2,6 miliar), serta lebih dari RMB 3 miliar (sekitar USD 430 juta) dalam bentuk laba sebelum pajak, sambil membuka hampir 3.000 pekerjaan baru.

Baca Juga :  Ini Pendapatan NTT dari 5 Investasi Besar

Pabrik tersebut menjadi langkah penting bagi upaya produsen mobil Tiongkok dalam menindaklanjuti insiatif pemerintah Tiongkok “Belt and Road”.

Lebih lagi, dengan mengandalkan teknologi manufaktur mutakhir, manajemen mutu dan standar pelestarian lingkungan dari produsen mobil ini, pabrik Tula siap mempercepat pembentukan gugus industri manufaktur otomotif secara lokal serta rantai industri di sektor hilir, dengan demikian, mempromosikan transformasi struktur industri lokal.

Selain itu, pabrik tersebut tak hanya menandai tonggak bersejarah baru dalam pertukaran ekonomi serta perdagangan antara Tiongkok dan Rusia, namun juga mencerminkan babak baru bagi merek-merek otomotif Tiongkok lewat kegiatan operasional di Rusia. (*)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda