Home / Bisnis / NTT Tergetkan Sumbang 1 Juta Ton Garam

NTT Tergetkan Sumbang 1 Juta Ton Garam

Garam Industri/Foto: lintasntt.com
Garam Industri/Foto: lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat menargetkan sumbangan garam untuk kebutuhan nasional dari daerah itu bakal mencapai 1 juta ton metrik.

Untuk mencapai angka itu,pemerintah daerah terus mendorong investor untuk membuka lahan garam di lokasi-lokasi potensial yang sudah ditetapkan.

Namun target sebesar itu memang belum bisa menutup impor garam Indonesia tahun ini yang mencapai 3,7 juta metrik ton.

“Di masa kepemimpinan saya, NTT harus memberi. NTT harus bisa menyumbang satu juta metrik ton untuk memenuhi kebutuhan garam secara nasional,” ujarnya saat meninjau lahan tambak garam di Desa Weoe, Kecamatan Wewiku, Malaka, Rabu (27/3).

Di desa tersebut sedang dikembangkan lahan garam seluas 28 hektare dari total lahan yang direncanakan sebesar 300 hektare. Tambak tersebut dibangun oleh PT Inti Daya Kencana yang direncanakan akan memproduksi sekitar 700.000 meter kubik garam per tahun.

Baca Juga :  Pemuda Sinode GMIT Tanam Kenari di Alor

Menurut politisi Partai Nasdem tersebut, kualitas garam NTT salah satu yang terbaik di Indonesia. Pasalnya NTT memiliki sejumlah keunggulan sepertai pantai yang bersih dan sinar matahari selama delapan bulan dalam setahun, sehingga garam yang dihasilkan berkualitas dan punya nilai ekonomis tinggi.

“Kehadiran saya sebagai gubernur merupakan momentum bagi kebangkitan NTT khususnya masyarakat di Kabupaten Malaka untuk meningkatkan kesejahteraannya melalui produksi garam. Garam adalah emas putih bagi NTT,” katanya. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda