Home / Travel / NTT Targetkan 273 Desa Wisata Hingga Tahun 2018

NTT Targetkan 273 Desa Wisata Hingga Tahun 2018

Bagikan Halaman ini

Share Button
Ilustrasi Desa Wisata/Foto: www.satriasolder.com

Ilustrasi Desa Wisata/Foto: www.satriasolder.com

Kupang— Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menargetkan 273 desa wisata pada 2018 di daerah tersebut sebagai realisasi komitmen pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya yang ada di pedesaan.
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parektif) Nua Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu, kepada wartawan di Kupang, Selasa (5/4) mengatakan, hingga 2014 lalu jumlah desa wisata di provinsi kepulauan sebanyak 73 desa.

Menurutnya, penambahan jumlah desa wisata tersebut, merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat NTT, khususnya yang ada di pedesaan.

“Pemerintah berkeyakinan, desa wisata akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Secara otomatis, langkah ini akan menjadi lokomotif untuk menggerakkan sektor lainnya,” katanya.

Baca Juga :  NTT Kembangkan Wisata Kampung Adat

Dia menyebutkan, desa-desa wisata saat ini antara lain desa wisata Wae Sano, Cunca Lolos, dan Liang Dara di Kecamatan Sano Nggoang, Manggarai. Kemudian desa wisata Labuan Bajo, Komodo, Pasir Panjang, Desa Batu Cermin di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat.

Selanjutnya, Desa Satarlenda, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai dan Desa Nangalabang, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur, serta desa wisata perkampungan tradisional Bena di Kabupaten Ngada dan perkampungan tradisional Boti di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Berikut Desa Oebelo dengan obyek wisata pembuatan alat musik tradisional Sasando dan Oelnasi dengan obyek wisata agro dan pemancingan serta Desa Manusak dengan obyek wisata agro dan wisata alam di Kabupaten Kupang.

Selanjutnya Desa Lede Unu dengan obyek wisata perkampungan adat dan Desa Kujiratu dengan obyek wisata situs Kujiratu di Kabupaten Sabu Raijua, Desa Maritaing dengan wisata alam dan bahari serta Desa Marisa dengan obyek wisata bahari di Kabupaten Alor.

Baca Juga :  Disparekraf NTT Gelar Temu Pariwisata di Ende

Dia memaparkan, ada empat desa wisata di Kabupaten Lembata yang juga mendapat dukungan program desa wisata yakni, Desa Atawai di Kecamatan Nagawutung dengan obyek wisata air terjun Lodowawo, Desa Atakore dengan dapur alam budaya, Desa Lamalera dengan obyek wisata penangkapan ikan paus secara tradisional dan Desa Laranwutun dengan wisata bahari.

“Umumnya desa-desa wisata yang menjadi sasaran bantuan Pemerintah Provinsi NTT pada tahun 2014 lalu bahkan 2015 ini terdapat pada 46 kecamatan yang ada di 22 kabupaten/kota di NTT,” ujarnya. (sumber: flobamora.net/alberto)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda