Home / Travel / NTT Siapkan Festival Budaya di Desa Adat Wae Rebo

NTT Siapkan Festival Budaya di Desa Adat Wae Rebo

Wae Rebo. Hak Cipta: http://kelasbacatulis.blogspot.com
Wae Rebo. Hak Cipta: http://kelasbacatulis.blogspot.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menggelar festival budaya di desa adat terpencil, Wae Rebo di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai.

Festival budaya itu bertujuan menarik lebih banyak pengunjung ke desa tersebut. Gubernur NTT Viktor Laiskodat mengatakan festival Wae Rebo dapat dibuat digelar bergantian dengan Festival Pulau Mules di daerah itu.

Pulau Mules terletak di selatan Kecamatan Satarmese Barat merupakan lokasi destinasi wisata di daerah itu. Pulau ini memiliki hamparan bukit batu di bagian barat, serta cocok untuk snorkeling. Adapun desa adat Wae Rebo sejak lama menjadi lokasi wisata favorit wisatawan mancanegara.

Untuk mempertahankan suasana perdesaan tetap asli, nyaman dan sejuk, pemerintah Provinsi NTT melarang pembangunan hotel berbintang di Wae Rebo. “Di Wae Rebo tidak boleh ada hotel berbintang. Hanya boleh ada homestay,” kata Laiskodat kepada wartawan di Kupang, Rabu (16/1).

Baca Juga :  Festival Sumba Picu Perbaikan Infrastruktur

Selain Satar Mese, Laiskodat juga minta pemerintah kabupaten dan kota di daeratan Pulau Timor menggelar Festival Makan Sirih Pinang. Menurut Dia, penduduk Pulau Timor merupakan konsumen sirih pinang terbesar di NTT. Festival tersebut akan didesain dengan baik sehingga menarik bagi wisatawan. “Rumah dan toilet bersihpun akan difestivalkan,” ujarnya. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda