Home / Daerah / NTT Selesai Distribusi 500 Set APD ke 22 Rumah Sakit

NTT Selesai Distribusi 500 Set APD ke 22 Rumah Sakit

Alat Pelindung Diri (APD). Foto : Web
Alat Pelindung Diri (APD). Foto : Web

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) selesai mendistribusikan 500 set alat pelindung diri (APD) ke 22 rumah sakit dan satu kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) di Kabupaten Manggarai Timur.

Untuk tiga rumah sakit rujukan penanganan pasien virus korona, ditambah masker bedah masing-masing 20 boks yakni Rumah Sakit (RS) WZ Johannes di Kupang, RS TC Hillers di Maumere, dan RS Komodo di Labuan Bajo.

Satu set APD bantuan pemerintah pusat tersebut terdiri dari disposable masks, n95 masks, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps. “Jumlah APD yang dibagikan ini masih kurang,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT Marius Jelamu, Sabtu (28/3) petang.

Baca Juga :  Kapal Motor Binaiya Gantikan Sementara KM Awu

Marius menyebutkan hampir seluruh kabupaten telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan APD, kecuali Timor Tengah Selatan yang sama sekali belum mengeluarkan anggaran untuk pengadaan peralatan tersebut. Sedangkan pemerintah provinsi, menngalokasikan anggaran sebesar Rp60 miliar.

Anggaran sebesar itu selain untuk pengadaan APD juga pengadaan alat kesehatan untuk sejumlah rumah sakit yang akan digunakan unutk merawat pasien. “Bupati-bupat harus mengalokasikan anggaran untuk pengadaan APD, obat-obatan dan alat kesehatan,” tandasnya.

Dia menegaskan alokasi anggaran untuk pengadaan alat kesehatan dan APD untuk penanganan darurat pandemi korona. Anggaran yang dialokasikan tiap kabupaten dan kota bervariasi antara lain Kota Kupang Rp6 miliar dan Kabupaten Kupang Rp1,5 miliar. “Kami minta anggaran yang dialokasikan itu tidak terkunci sampai di situ karena kita belum tahu perkembangan ke depannya,” kata Marius. (sumber: mi/p)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda