Home / Travel / NTT Memiliki 450 Destinasi Wisata

NTT Memiliki 450 Destinasi Wisata

Wisatawan di Pantai Wisata Nemberala di Pulau Rote Beberapa Waktu Lalu. Foto: Gamaliel Amalo.
Wisatawan di Pantai Wisata Nemberala di Pulau Rote Beberapa Waktu Lalu. Foto: Gamaliel Amalo.

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Keindahan alam dan keragaman budaya Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadikan daerah ini sebagai salah satu destinasi unggulan di Tanah Air.

Ada 450 destinasi wisata alam terbaik, dan budaya di daerah ini, di antaranya sudah populer di mancanegara seperti Komodo, Danau Kelimutu, Taman Laut di Alor, Manggarai Barat, dan Sikka, serta lokasi selancar di Nemberala, Pulau Rote.

Dalam diskusi terfokus bertajuk ‘Pariwisata NTT, Identifikasi Potensi dan Rantai Nilai’ di Kupang, akhir pekan ini, Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR Viktor Laiskodat mengatakan NTT memiliki posisi strategis karena dekat dengan Bali dan segitiga Kupang-Darwin-Dili.

“Sesuai analisis PDRB (Produk Domestik Regional Bruto), sektor penyediaan akomodasi dan makan minum berpotensi berkembang, unggul, dan mampu bersaing,” ujarnya di Kupang, Jumat (15/9/2017).

Baca Juga :  NTT Promosikan Wisata Lewat Lomba Foto

Selain itu, berbagai momentum ‘mesin pariwisata’ juga sudah bergulir. Akan tetapi Badan Pusat Statistik (BPS) menetapkan NTT sebagai provinsi termiskin nomor tiga di Indonesia, dan di saat yang sama NTT juga memiliki sumber daya alam yang melimpah serta obyek dan destinasi wisata.

Sektor pariwisata dapat menjadi mesin penggerak sektor-sektor tersebut. “Untuk itu dibutuhkan kajian yang mendalam dan deskripsi yang jelas terkait kondisi eksisting dan potensi pengembangan pariwisata dan serta keterkaitan dengan sektor ekonomi lainnya,” kata Dia.

Kepala Dinas Pariwisata Sumba Barat Daya Christofel Horo mengatakan kemiskinan yang terjadi di NTT hanya terbatas pada kemiskinan daya beli, bukan kemiskinan sumber daya alam.

Baca Juga :  Garuda Diminta Buka Rute Kupang-Darwin

Karena itu, pemimpin NTT harus mendesain uang karakter pembangunan dengan menjadikan pariwisata sebagai lokomotif. “Loncatan kebijakan strategis harus dibangun oleh seorang pemberani yang membangun NTT,” kata Dia. (sumber: mi/palce amalo)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda