Home / Nasional / NTT Bangun Waduk Senilai Rp550 Miliar

NTT Bangun Waduk Senilai Rp550 Miliar

Bagikan Halaman ini

Share Button
Waduk Tilong/Foto: Gamaliel

Waduk Tilong/Foto: Gamaliel

Kupang—lintasntt.com: Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) segera membangun waduk untuk mengatasi persoalan air bersih di wilayah Kabupaten Kupang tahun ini.

Waduk Raknamo yang akan dibangun di Kecamatan Kupang Timur tersebut menelan anggaran sebesar Rp550 miliar bersumber dari APBN dan pinjaman luar negeri. Waduk ini akan selesai dibangun pada 2017.

Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Charisal A.Manu mengatakan waduk akan menyediakan air baku bagi warga Kelurahan Naibonat, Desa Raknamo, dan Desa Manusak. Tiga wilayah ini selalu mengalami krisis air bersih pada musim kemarau. “Waduk ini juga akan mendukung pengembangan daerah irigasi di daerah ini,” ujarnya di Kupang, Rabu (5/2).

Baca Juga :  Panitia Natal Nasional 2013 Bertemu Ketua DPD

Di kawasan ini sekitar 2.668 hektare lahan pertanian yang akan dikembangkan. Jumlah itu belum termasuk 1.259 lahan aksisting. Kapasitas waduk ini sekitar 14,09 juta meter kubik, dan air bersih mencapai 100 liter per detik.

“Waduk ini sangat bermanfaat untuk penampungan air hujan di  musim hujan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber air di musim kemarau,” ujarnya. Waduk Raknamo merupakan waduk kedua terbesar di Kabupaten Kupang setelah Waduk Tilong yang dibangun pada 1997 berkapasitas 19,07 juta meter kubik di Desa Oelnasi, Kecamatan Kupang Tengah. (gba)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda