Home / Dunia / NASA Temukan 715 Planet Baru

NASA Temukan 715 Planet Baru

Bagikan Halaman ini

Share Button
Foto: huffingtonpost.com

Foto: huffingtonpost.com

Lintasntt.com: Pesawat luar angkasa Kepler menemukan sebanyak 715 planet baru yang mengorbit di luar sistem tata surya Matahari. Penemuan ratusan planet baru itu diumumkan lembaga antariksa Amerika Serikat (NASA), Rabu (26/2) waktu setempat.

Dengan temuan tersebut menambah jumlah planet di luar sistem surya kita menjadi hampir 1.700 buah. “Baru kali ini kami hampir menggandakan jumlah planet yang dikenal oleh umat manusia,” ungkap jakck Lissauer, salah seorang ilmuan NASA.

“Ini juga merupakan langkah besar mengenai adanya kemungkinan kehidupan di tempat lain,” imbuh Lisa Kaltenegger, astronom dari Harvard dan Max Planck Institute, bagian dari tim NASA yang menemukan planet terbaru tersebut.

Baca Juga :  Patung Lilin Presiden Jokowi di Hongkong Mirip 99%

Para astronom menggunakan teknik konfirmasi baru dalam mengidentifikasi dan meneliti planet di luar tata surya kita. Pengumuman penemuan itu juga menjelaskan tentang implikasi kehidupan di balik jumlah palanet yang banyak itu.

Semua planet baru yang ditemukan itu disebut memiliki kemiripan dengan sistem tata surya kita. Planet-planet yang telah ditemukan di luar tata surya sejauh ini mengorbit 305 bintang. Di samping itu, ukuran dari planet tersebut memiliki kedekatan dengan ukuran Bumi.

NASA mengatakan empat dari planet-palnet yang ditemukan itu mengorbit di ‘zona layak huni’. Disebutkan juga bahwa jarak orbit itu tidak membuat keadaan planet menjadi telalu panas dan terlalu dingin sehingga sangat berperan bagi adanya kehidupan. (sumber: AP/metrotvnews.com)

Baca Juga :  Rui Araujo Terpilih Jadi PM Baru Timor Leste

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda