Home / Daerah / Mobil Listrik Mulai Diuji di Sumba

Mobil Listrik Mulai Diuji di Sumba

Mobil Listrik/Foto: PLN
Mobil Listrik/Foto: PLN

Bagikan Halaman ini

Share Button

Waikabubak—PLN telah menyediakan Stasiun Penyediaan Listrik Umum (SPLU) di Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur yang akan menyediakan listrik untuk mobil listrik di daerah itu. SPLU tersebut ditempatkan di PLN Unit Layanan Pelanggan Sumba Jaya.

Saat ini satu unit mobil listrik yang diluncurkan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), sedang diuji coba di Sumba.

BPPT berkerja sama dengan Mitsubishi Motors Indonesia, Kementerian Perindustrian, PLN, dan Kyudenko membuat mobil baru berteknologi Listrik yang ramah lingkungan dan mengurangi karbon dengan menawarkan alternatif yang bebas polusi.
Saat ini model yang dimaksud sedang melakukan penelitian bersama di Pulau Sumba.

“Uji coba kendaraan berbasis listrik di Sumba ini akan memberikan kontribusi dalam percepatan kendaraan berbasis listrik serta memiliki daya ungkit besar bagi kesiapan Indonesia menghadapi era Kendaraan Listrik serta dapat mendorong pemanfaatan energi terbarukan untuk pengisian kendaraan listrik yang berbasis baterai akan semakin banyak berkmbang” kata Sekretaris Utama BPPT Ir Dadan Moh. Nurjaman, MT dalam sambutannya (3/10/19)

Baca Juga :  Diterjang Angin, Plafon Kantor Gubernur NTT Roboh

Bupati Sumba Barat Daya dr. Kornelius Kodi Mete mengatakan sumber daya alam (air, cahaya matahari, angin) merupakan sumber energi listrik baru terbarukan yang membuat kebutuhan listrik secara bertahap dapat terpenuhi untuk mewujudkan Rumah Tangga bercahaya dan berkecukupan tinggi karena ketersediaan pasokan energi listrik yang terus meningkat.

Oleh karena itu harus bersama-sama berkomitmen dan mendukung percepatan pengembangan energi baru terbarukan di pulau sumba.

Menurut GM PLN UIW NTT Ignatius Rendroyoko yang diwakili oleh Senior Manager Perencanaan PLN UIW NTT Atmoko Basuki, Mobil Listrik sebagai salah satu solusi untuk mengatasi polusi dan berbagai macam masalah lainnya dan merupakan kendaraan idaman Generasi mendatang.

Tim dari BPPT dan Mitsubishi mendatangkan Mobil listrik ke Sumba untuk uji coba mengintegrasikan dengan PLTS yang dikenal ramah lingkungan dengan mengusung Smart Energy Management System.

Baca Juga :  Dua Fasilitator Desa Asal NTT Dikirim Belajar ke India

Ouput yang di harapkan dari langkah uji coba ini adalah Indonesia siap untuk menatap era kendaraan kelistrikan yang terintegrasi dengan pembangkit tanpa mengganggu kehandalan sistem Distribusi Kelistrikan. Mobil listrik yang didatangkan ke Sumba ini adalah tipe Mitsubishi MieV.

Mobil listrik Mitsubishi ini didukung dengan tempat pengisian daya SPLU dan cara penggunaanya mudah seperti mengisi token listrik dirumah, yang hingga kini sudah tersebar hampir seluruh kabupaten di NTT seperti di Kupang, Atambua, Kefa, Soe, Pasar Oepoli, Maumere, Larantuka, Ende, Bajawa, Ruteng, dan Labuan bajo.

“Masyarakat juga bisa meminta kepada PLN untuk memasang SPLU di lokasi yang diinginkan agar kebutuhan energi listrik dapat terpenuhi, termaksud kendaraan Listrik, dan berharap dengan kehadiran produk-produk Inovasi dari PLN yaitu kendaraan listrik yang lebih efisien, ramah lingkungan, selalu mendapat dukungan dari masyarakat dan dapat dimanfaatkan dengan maksimal,” tambah Atmoko. (PLN)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda