Home / Humaniora / Minum Teh Hijau Dosis Tinggi Berbahaya bagi Kesehatan

Minum Teh Hijau Dosis Tinggi Berbahaya bagi Kesehatan

Ilustrasi/Thinkstockphotos
Ilustrasi/Thinkstockphotos

Bagikan Halaman ini

Share Button

DI Amerika Serikat pernah ada kejadian seorang gadis 16 tahun dilarikan ke rumah sakit setelah minum teh herbal tiga kali sehari. Ternyata teh yang diminum berpotensi menyebabkan hepatitis.

Hal yang dialami si gadis itu disebut hepatotoxity. Ini terjadi ketika kita mengonsumsi kebanyakan herbal, dari tilenol sampai teh hijau yang berpotensi merusak lever.

Jadi seberapa banyak konsumsi teh hijau yang aman? Teh hijau mengandung katekin, senyawa antioksidan yang dalam dosis tepat menurunkan Kolesterol, melindungi kesehatan jantung dan mencegah kanker.

Teh hijau dosis tinggi seperti pada suplemen penurun berat badan sejatinya dapat menyebabkan hepatotoxity. “Ketika Anda minum ekstrak teh hijau, itu mirip minum bom kecil untuk lever,” kata Niket Sonpal, ahli gastroenterologi dari New York City.

Baca Juga :  Oxfam Kampanye Setop Kekerasan Perempuan dan Anak Perempuan

Pil konsentrat itu menyebabkan sel lever kelelahan dan terpecah.

Jadi seberapa banyak dosis teh hijau yang aman? Christopher Hobbs, ahli kesehatan holistik mengatakan setiap kasus tidak sama. Ada yang keracunan dengan dosis tinggi, ada yang tidak.

“Tubuh kita memanfaatkan senyawa dengan cara berbeda-beda. Cara lever mengubah atau menggunakan senyawa bergantung pada genetika dan juga cara kita makan dan minum,” katanya.

Apakah artinya kita harus hati-hati minum teh hijau? Sonpal berkata, “Teh hijau itu aman. Kejadian hepatotoxity jarang terjadi dalam keseharian. Itu terjadi ketika kita minum dosis sangat tinggi.”

Jadi, teh hijau memang menyehatkan. Namun sejatinya ada bahaya mengintai ketika kita kebanyakan minum teh hijau. (sumber: shape/kompas.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda