Home / Bisnis / Menteri Susi Akan Bangun Pangkalan Pendaratan Rumput Laut di Sumba

Menteri Susi Akan Bangun Pangkalan Pendaratan Rumput Laut di Sumba

Bagikan Halaman ini

Share Button
Menteri Susi Panen Rumput Laut di Sumba/Foto: Ignas

Menteri Susi Panen Rumput Laut di Sumba/Foto: Ignas

Waingapu–Lintasntt.com: Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti minta Pemerintah Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur membangun pangkalan pendaratan rumput laut guna memutus monopoli harga oleh pengusaha tertentu.

Susi mengatakan itu menangapi keluhan seorang pengusaha rumput laut bernama
Urbanus di sela-sela kunjungannya di Dusun Hangaroru, Desa Tana Manang, Kecamatan Pahungalodu, Sumba Timur, Senin (6/4).

Urbanus mengatakan ia dilarang membeli rumput laut langsung ke petani seharga Rp9.000 per kilogram (kg). Di sisi lain, ada perusahaan milik pemerintah daerah diberi akses sampai ke petani. Pengusaha tersebut kemudian menjual rumput laut ke pengusaha lainnya seharga Rp12.000 per kg. “Kalau kami (pengusaha) beli rumput laut ke petani, ditangkap dan harus berhadapan dengan hukum,” ujar Urbanus.

Baca Juga :  Telkom Dukung Penyelenggaraan Tour de Flores

Menurut Susi, pangkapan pendaratan rumput laut tersebut sama seperti pangkalan pendaratan ikan (PPI). “Seluruh petani boleh membawa rumput laut ke situ untuk dilelang,” kata Dia. Dengan begitu, ia yakin monopoli harga rumput laut tidak terjadi lagi.

Kunjungan Menteri Susi ke Sumba Timur tersebut untuk melakukan panen raya rumput laut sebanyak 20 ton di desa tersebut. Susi malah nekat berenang sekitar lima meter dari pesisir pantai untuk bertemu dan berdialog dengan petani rumput laut. Kepada petani, ia minta mereka terus melakukan budidaya rumput laut untuk mendongkrak pendapatan keluarga. (sumber: mediaindonesia/palce amalo)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda