Home / Nasional / Mengejutkan! Semburan Lumpur Panas Mirip Lapindo Terjadi di Rote

Mengejutkan! Semburan Lumpur Panas Mirip Lapindo Terjadi di Rote

Ilustrasi Semburan Lumpur di Gresik/Foto: Viva
Ilustrasi Semburan Lumpur di Gresik/Foto: Viva

Bagikan Halaman ini

Share Button

Rote–Fenomena alam semburan lumpur panas dilaporkan terjadi di Dusun Kainade, Desa Bolatena, Kecamatan Landu Leko, Kabupaten Rote Ndao.

Kepala Desa Pukuafu, Dedi Kolifai yang dihubungi lintasntt.com lewat telepon, Rabu (8/6/2016) menyebutkan lokasi semburan tidak jauh dari Desa Bolondale dan Sotimori. Ketinggian semburan lumpur mencapai satu meter.

Puluhan warga yang bermukim di lokasi semburan lumpur telah mengungsi ke rumah warga lainnya karena takut bencana tesebut terjadi sama seperti semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur.

Pasalnya luas genangan lumpur sampai Rabu malam telah mencapai sekitar tiga hektare. Semburan lumpur terjadi sejak Sabtu, 4 Juni 2016. Dedi mengatakan tidak ada tanda-tanda di lokasi terjadi terjadi semburan lumpur. Lumpur tiba-tiba muncul dari dalam perut bumi.

Baca Juga :  GP Ansor NTT Gelar Seminar Nasional Kepemudaan

“Sudah ada tim dari Jakarta kebetulan sedang bertugas di Rote dan sudah datang memeriksa lokasi semburan lumpur,” ujarnya.

Dugaan sementara yang disampaikan tim tersebut termasuk dari Badan Penanggulangan Bencana Rote Ndao ialah terjadi pergeseran di dalam perut bumi yang kemudian menyebabkan semburan lumpur.

Dedi menyebutkan polisi sudah melarang warga mendekati lokasi semburan guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. “Di awal terjadi semburan, sekitar lima keluarga mengungsi, Karena lumpur meluber, warga yang mengungsi pasti akan bertambah,” ujarnya. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda