Home / Nasional / Mendagri Yakin Partai Politik Usung Caleg Bersih

Mendagri Yakin Partai Politik Usung Caleg Bersih

Mendagri Tjahjo Kumolo/Foto: Lintasntt.com
Mendagri Tjahjo Kumolo/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

 

Atambua–Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yakin calon anggota legislatif (caleg) yang diusung Partai Politik untuk bertarung di Pemilu 2019 merupakan kader terbaik, bersih, dan berwibawa.

“Saya yakin semua parpol juga mengikuti aturan hukum dan juga semangatnya sama ingin mempersiapkan kader terbaiknya yang mampu membangun bangsa secara bersih dan berwibawa,” kata Tjahjo kepada wartawan di Atambua, Kabupaten Belu, Selasa (18/9).

Tjahjo ditanya wartawan mengenai rencana pemberhentian dengan tidak hormat terhadap 2.357 aparatur sipil negara (ASN) yang melakukan tindak pidana korupsi. Di sisi lain, politisi yang pernah terlibat korupsi, tetap bisa menjadi calon anggota legislatif.

Menurut Dia, ASN koruptor dan politisi yang pernah terlibat tindak pidana korupsi memiliki konteks yang berbeda. “Kalau urusan caleg kan sudah ada keputusan MA,” ujarnya.

Baca Juga :  Sikap Senator Medah Terkait Import Beras 500.000 Ton

Terkait ASN, menurut Tjahjo, justru menarik. “Saya baru tahu ada 2.357 ASN korupsi dan digaji oleh negara. Ini kan tidak fair,” kata Dia.

Menurutnya Kementerian Dalam Negeri hanya menjalankan fungsi pembinaan, keuangan dan anggaran, sedangkan program penempatan ASN ada di Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Mempan RB.

Seperti diberitakan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengeluarkan Surat Edaran nomor 180/6687/SJ pada 10 September 2018 yang memberhentikan dengan tidak hormat terhadap ASN yang melakukan tindak pidana korupsi, telah disidang dan berkekuatan hukum tetap. Dari ribuan ASN tersebut, 183 orang berasal dari Nusa Tenggara Timur. (sumber: media indonesia/palce amalo)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda