Home / Nasional / Mendagri Ingin Pelantikan Kepala Daerah Digelar Serentak

Mendagri Ingin Pelantikan Kepala Daerah Digelar Serentak

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo Menyalami Anggota Satpol PP sesuai Upacara HUT Satpol PP dan Satlinmas di Kupang, Jumat, 3/3/2017. Foto: Gamaliel
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo Menyalami Anggota Satpol PP sesuai Upacara HUT Satpol PP dan Satlinmas di Kupang, Jumat, 3/3/2017. Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menginginkan pelantikan kepala daerah hasil pilkada serentak di 101 daerah digelar serentak.

“Kalau bisa pelantikan kepala daerah dilakukan serentak, kan pilkadanya juga serentak,” kata Tjahjo kepada wartawan seusai menjadi inspektur upacara Peringatan HUT ke-67 dan HUT ke-55 Satuan Linmas di Kupang, Jumat (3/3).

Akan tetapi menurut Dia, pelaksanaan pelantikan masih menunggu putusan terhadap gugatan yang diajukan sejumlah pasangan calon kepala daerah Mahkamah Konstitusi (MK). “Kita tunggu hasil putusan MK untuk sejumlah pengaduan yang sedang diproses. Jadi belum pasti apakah bisa dilakukan serentak atau dilakukan secara perseorangan,” kata Dia.

Menurutnya sekitar 35 calon kepala daerah telah melayangkan gugatan hasil pilkada ke MK, dan saat ini MK tengah melakukan klarifikasi secara detail sesuai persyaratan untuk memenuhi unsur untuk disidangkan, atau ditolak. “Tapi ini kan semua tanggung jawab KPU,” ujarnya.

Baca Juga :  32 Warga NTT Terima Sertifikat Tanah Gratis dari Menteri Agraria

Di Nusa Tenggara Timur, dari tiga kepala daerah yang menggelar pilkada, tidak ada calon kepala daerah yang mengajukan gugatan ke MK, namun ada gugatan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Gugatan disampaikan oleh pasangan calon Viktor Mado Watun-Muhammad Nasir di Kabupaten Lembata. Pasangan ini mengadukan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terkait dugaan kecurangan selama proses pilkada di daerah itu. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda