Home / Nasional / Masukan Anggota Keluarga ke Cockpit, Pilot Lion Air Disuspend

Masukan Anggota Keluarga ke Cockpit, Pilot Lion Air Disuspend

Pesawat Lion Air/Foto: Gamaliel
Pesawat Lion Air/Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Jakarta–Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pilot Lion Air yang memasukkan anggota keluarganya ke dalam cockpit pesawat, bisa dirumahkan dari pekerjaannya.

“Sanksinya bisa digrounded. Tapi kami masih lihat dulu seberapa besar kesalahan yang dilakukan,”ujar Budi. Namun, hingga saat ini, ucap Budi, pihaknya baru menegur pihak Lion Air. “Tentu kami tegur agar ke depan menurut dan lebih bagus pelayanannya,” kata Budi  di sela -sela acara peletakan batu pertama pembangunan dermaga eksekutif di pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (27/5).

Saat ini Kementerian Perhubungan masih menyelidiki masuknya anggota keluarga pilot ke dalam cockpit. “Masih ada penyelidikan nanti dengan pilotnya,” terangnya. Tapi, kata Budi, ruangan cockpit pesawat tidak boleh sembarangan dimasuki oleh siapa pun kecuali oleh pilot dan co-pilot.

Baca Juga :  Tutup Bandara, Bupati Ngada Siap Dipidana

Maka dari itu awak pesawat Lion Air yang mengizinkan anggota keluarga pilot masuk ke dalam cockpit adalah menyalahi standar operational procedure (SOP).

Sebelumnya Direktur Jendaral Perhubungan Udara Agus Santoso dalam keterangannya sebelumnya menegaskan bahwa seorang pilot tidak diperbolehkan membawa masuk orang lain ke dalam kokpit tanpa izin. Izin yang dimaksud adalah yang sesuai dengan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) atau Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 121.547 tentang ‘Admission to Flight Deck’.

Penegasan Agus ini menanggapi adanya laporan masyarakat yang terkait penerbangan Lion Air JT015 pada tanggal 23 Mei 2017 dengan rute dari Denpasar menuju Jakarta. Sementara itu, pihak Lion Air juga sudah melakukan grounded terhadap pilot tersebut sambil menunggu hasil investigasi selesai. (Media Indonesia)

Tags : # #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda