Home / Dunia / Mahasiswa Australia Penerima Beasiswa ‘New Colombo Plan’ Kunjungi Kupang

Mahasiswa Australia Penerima Beasiswa ‘New Colombo Plan’ Kunjungi Kupang

Kunjungan Mahasiswa Penerima Beasiswa New Colombo Plan
Kunjungan Mahasiswa Penerima Beasiswa New Colombo Plan

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Tiga mahasiswa Australia, penerima program beasiswa New Colombo Plan (NCP) berkunjung ke Kupang selama tiga hari sejak Senin (7/5) hingga Rabu (9/5).

NCP adalah program prakarsa unggulan Pemerintah Australia, yang menawarkan beasiswa bergengsi dan dana hibah bagi sarjana muda Australia untuk berkesempatan tinggal, belajar, dan mengikuti magang di kawasan Indo-Pasifik.

Kunjungan ke Kupang tersebut merupakan bagian dari program NCP untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai hubungan Australia-Indonesia dalam berbagai aspek seperti budaya, pembangunan, pendidikan dan bisnis.

Tiga mahasiswa itu ialah Siobhan Strichland, mahasiswa jurusan Psikologi, Deaken University, Lauren Wilkis, mahasiswa jurusan Justice-Criminology and Policing and Internasional Relation, Queensland University of Technology, dan Iven Manning, mahasiswa jurusan Indonesian Language and Arts, University of Western Australia. Selain berkunjung ke Kupang, empat mahasiwa lainnya juga berkunjung ke Aceh.

Baca Juga :  Ini Bukti Malaysia Airlines MH370 Sengaja Hindari Radar

Di Kupang, mereka mengunjungi sekolah dan universitas, bertemu pemerintah daerah, kunjungan lapangan ke proyek pembangunan yang didanai Australia, bertemu alumni lulusan Australia di Kupang, dan media.

NCP juga bertujuan meningkatkan pengetahuan tentang Indo-Pasifik di Australia, dan pengalaman mahasiswa yang mengikuti program ini bersifat transformasional.

Di Indonesia, mahasiswa membangun hubungan dan pertemanan yang abadi dan memperdalam hubungan Australia di kawasan tersebut, dan kedepannya memastikan adanya tenaga kerja Australia di wilayah tersebut.

Sebagai tetangga terdekat Australia, setiap tahun, Indoensia menjadi lokasi paling populer untuk program ini. Sampai akhir 2018, sebanyak 5.000 siswa dari Australia didukung untuk belajar dan magang di Indonesia, lebih banyak dari negara Indo-Pasifik lainnya.

Baca Juga :  Bayar 1 Juta Dolar, Abu Sayyaf Bebaskan 10 Sandera WNI

Sebagai tetangga paling dekat dan paling penting di Australia, Indonesia secara konsisten menjadi salah satu lokasi host paling populer di NCP.

Sampai khir 2018, lebih dari 5.000 siswa akan didukung untuk belajar dan melakukan magang di lndonesia, lebih banyak dari negara lain yang berpartisipasi dalam program ini.

Siswa yang datang ke Indonesia tersebut berkesempatan belajar di universitas di seluruh Tanah Air dalam berbagai disiplin ilmu yaitu kesehatan masyarakat, bisnis dan hukum komersial, bakantan, geologi laut pesisir dan pariwisata berkelanjutan. Termasuk juga studi lingkungan, ilmu pengetahuan, pendidikan, seni dan bahasa, desain perkotaan, pertanian dan teknik. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda