Home / Nasional / Lumpur Panas di Rote Meluber Hingga 4 Hektare

Lumpur Panas di Rote Meluber Hingga 4 Hektare

Ilustrasi Semburan Lumpur di Gresik/Foto: Viva
Ilustrasi Semburan Lumpur di Gresik/Foto: Viva

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang—Luas genangan lumpur panas di Dusun Kainade, Desa Bolatena, Kecamatan Landu Leko, Rote dilaporkan mendekati empat hektare.

Luas luberan lumpur mengakibatkan jalan penghubung menuju Desa Daulandale dan Daiaman putus. Saat ini Camat Landu Leko Jostaf Fa’ah bersama kepala desa dan warga membangun jalan alternatif menuju desa tersebut.

“Kami bangun jalan alternatif karena di dua desa itu untuk memperlancar transportasi terutama angkutan barang menuju pasar desa yang digelar setiap Kamis dan Sabtu,” katanya kepada lintasntt.com, Kamis (9/6/2016).

Menurutnya emburan berasal dari tiga titik, namun kekuatan semburan yang awalnya mencaoai sekitar 1,5 meter terus berkurang. Bahkan warga yang sebelumnya mengungsi karena ketakutan, sudah kembali ke rumah masing-masing.

Baca Juga :  32 Warga NTT Terima Sertifikat Tanah Gratis dari Menteri Agraria

Menurutnya sejumlah petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bandung saat kejadian bertugas di Rote, telah mendatangi lokasi semburan. Hasilnya semburan lumpur diduga dipicu pergerakan di dalam perut bumi.

Dia mengatakan lumpur yang keluar dari perut bumi tersebut berwarna hitam dan berbau belerang. Menurut Jostaf, warga setempat menyebutkan semburan lumpur di lokasi yang sama pernah terjadi 1960an. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda