Home / Nasional / Luhut Panjaitan Serahkan Penghargaan Karya Tulis ESDM

Luhut Panjaitan Serahkan Penghargaan Karya Tulis ESDM

Tim Juri Foto Bersama Pemenang LKJ ESDM 2016
Tim Juri Foto Bersama Pemenang LKJ ESDM 2016

Bagikan Halaman ini

Share Button

Jakarta– Pelaksana Tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa (4/10/2016) menyerahkan penghargaan kepada enam pemenang Lomba Karya Jurnalistik 2016 (LKJ 2016) yang diselenggarakan Kementerian ESDM.

Penyerahan penghargaan kepada para pemenang LKJ 2016 itu diberikan dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pertambangan dan Energi ke-71 yang juga dihadiri beberapa mantan Menteri ESDM, termasuk Archandra Tahar.

Dalam kesempatan tersebut Pelaksana Tugas Menteri ESDM yang juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman juga menyerahkan penghargaan kepada sejumlah karyawan Kementerian ESDM atas prestasi dan inovasinya di bidang ESDM.

LKJ itu sendiri diselenggarakan dalam rangka mengapresiasi insan pers atas perannya memberikan karya yang inspiratif bagi masyarakat untuk bersama-sama membangun kedaulatan energi.

Pemenang pertama LKJ 2016 Kementerian ESDM itu adalah Muhammad Amin dari Riau Pos dengan judul tulisan “Kampung terang, limbah pun hilang”. Juara kedua Palce Amalo dari Media Indonesia dengan judul tulisan “Sumba, pulau ikonik energi terbarukan”.

Baca Juga :  TNI Kirim 700 Tentara ke Perbatasan RI-Timor Leste

Pemenang ketiga dari lomba karya tulis yang diikuti 42 peserta itu adalah Tri Joko Her Riadi dari Pikiran Rakyat Bandung dengan judul tulisan “Memanen sampah di Kota Kembang”.

Selanjutnya, juara harapan pertama diraih oleh Truly Okto Purba dari Tribun Medan dengan judul tulisan “Menjaga sungai demi listrik” dan juara harapan kedua Wahyu Kuncoro dari Harian Bhirawa dengan judul tulisan “Apa kabar Gerakan Hemat Energi Listrik”.

Sementara itu juara harapan ketiga diraih oleh Uji Agung Santosa dari tabloid Kontan dengan judul tulisan “Mendesak, Indonesia butuh energi baru terbarukan”.

Ada pun dewan juri dari LKJ 2016 Kementerian ESDM itu adalah Aat Surya Safaat (Direktur Pemberitaan LKBN Antara) sebagai ketua, dengan anggota Arif Zulkifli (Pemimpin Redaksi Tempo) dan Dr Usman Yatim (wartawan senior yang juga akademisi dari Universitas Prof Dr Moestopo).

Baca Juga :  Larangan Cantrang Terus Digugat

Selain itu ada anggota dewan juri dari Kementerian ESDM, yakni Sujatmiko (Staf Senior Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral) dan Dadan Kusdiana (Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi).

Dewan juri memberikan penilaian berdasarkan kriteria konten (kesesuaian dengan tema), pemahaman, kedalaman, kaidah jurnalistik dan kaidah bahasa Indonesia, akurasi, relevansi, aktualitas, dan gaya bahasa atau cara penyampaian.

LKJ 2016 Kementerian ESDM yang mengangkat tema “Membangun Kedaulatan Energi Untuk Kemakmuran Negeri” itu berhadiah total Rp. 67.500.000. (sumber: antara)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda