Home / Dunia / Liberland, Negara Terkecil dan Terbaru Diproklamasikan

Liberland, Negara Terkecil dan Terbaru Diproklamasikan

Bagikan Halaman ini

Share Button
 Sekelompok orang memproklamasikan sebuah negeri kecil di antara Kroasia dan Serbia yang dinamai Liberland yang sudah lengkap memiliki konstitusi dan seorang presiden/Foto: Reuters


Sekelompok orang memproklamasikan sebuah negeri kecil di antara Kroasia dan Serbia yang dinamai Liberland yang sudah lengkap memiliki konstitusi dan seorang presiden/Foto: Reuters

Zagreb—Sekelompok orang memproklamasikan sebuah negara baru lengkap dengan bendera, konstitusi dan semboyan negara. Negara itu bernama Liberland yang terletak antara Kroasia dan Serbia.

Negeri kecil itu berlokasi di tepi Sungai Danube, sebuah kawasan yang diyakini para pendirinya belum pernah diklaim siapapun. Republik Merdeka Liberland, adalah nama resmi negara ini, juga telah memiliki pemimpin yaitu Vit Jedlika yang dikenal sebagai politisi anti-Uni Eropa asal Republik Ceko.

Negeri kecil itu secara resmi diproklamasikan pada 13 April dan pada Sabtu (2/5/2015), negeri itu merayakan “Hari Kebebasan” yang pertama.

Baca Juga :  Sejumlah Kepala Negara Mulai Tiba di KTT Asia Afrika

Saat ini belum ada bangunan satupun di wilayah Liberland yang masih didominasi pepohonan dan ladang. Sehingga mereka yang ingin menjadi warga negara diminta membawa makanan, bir, tenda dan kantong tidur sendiri.

“Semboyan Liberland adalah ‘Untuk Hidup dan Tetap Hidup” karena negeri ini mendedikasikan diri untuk kebebasan personal dan ekonomi bagi warganya yang dijamin konstitusi yang membatasi kekuasaan para politisi sehingga mereka tak bisa mencampuri terlalu banyak kebebasan negara Liberland,” demikian keterangan dalam situs resmi Liberland.

Sebanyak 100 orang pertama akan tiba di “negara” baru itu yang memiliki luas kurang dari 8 kilometer persegi itu. Para warga pertama itu akan mendapat status warga negara kehormatan.

Baca Juga :  Pengacara Inggris dan Australia Gugat Pencemaran Laut Timor

Sejauh ini sudah 300.000 orang dari seluruh dunia sudah “melamar” untuk menjadi warga kehormatan Liberland meski negeri itu belum mendapat pengakuan dari satupun negara di dunia.

Sesuai undang-undang dasar Liberland, semua orang bisa melamar menjadi warga negara kecuali mereka memiliki masa lalu terkait dengan komunis, Nazi, kelompok ekstremis lainnya dan memiliki catatan kejahatan.

Liberland menambah panjang daftar negara-negara mikro di seluruh dunia yang mencoba menjadi negara merdeka meski legalitas negeri-negeri itu dipertanyakan. (Sumber: kompas.com/Mirror)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda