Home / Daerah / Lebu Raya Harap Ikatan Wartawan Online jadi Penangkal Berita Hoax

Lebu Raya Harap Ikatan Wartawan Online jadi Penangkal Berita Hoax

Pengurus IWO NTT Bertemu Gubernur Frans Lebu Raya
Pengurus IWO NTT Bertemu Gubernur Frans Lebu Raya

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Gubernur Frans Lebu Raya juga meminta Ikatan Wartawan Online (IWO) NTT mampu menjadi penangkal hadirnya berita-berita hoax yang meresahkan masyarakat.

“Kehadiran organisasi wartawan online sepeti IWO ini harus dilandasi komitmen memerangi, menjadi penangkal berbagai informasi hoax di masyarakat dengan pemberitaan yang jujur,” kata Lebu Raya di Kupang, Selasa (5/12/2017).

Gubernur dua periode itu menyadari, perkembangan teknologi dan informasi yang sedemikian pesat membuka ruang lebar bagi hadirnya informasi atau berita bohong maupun bersifat provokatif.

Menurutnya, banyak informasi hoax yang setiap waktu menyebar di jejaring sosial dan semakin meresahkan masyarakat setempat.

“Sekarang, semua lapisan masyarakat kita sudah akrab dengan Facebook, Instagram, WhatsApp dan macam-macam aplikasi lainnya yang dipakai untuk sharing berbagai informasi bohong, tidak akurat. Kalau terus dibiarkan maka akan membentuk opini publik yang keliru,” katanya.

Baca Juga :  Kartu Tani Belum Dibagikan di NTT

Untuk itu, gubernur berharap kehadiran organisasi wartawan online mampu berperan sebagai pencerah masyarakat sehingga mereka bisa mendapatkan informasi yang benar yang seharusnya dikonsumsi.

“Saya mengapresiasi kehadiran IWO NTT ini dan saya berhadap organisasi seperti ini ke depan bisa ikut memerangi informasi hoax di masyarakat dengan pemeberitaan yang jujur,” katanya.

Gubernur Lebu Raya juga berharap agar pemberitaan yang disampaikan ke publik mampu membangun optimisme sehingga masyarakat bisa termotivasi untuk bekerja keras dan berjuang mencapai kesejahteraan bersama.

Gubernur Lebu Raya juga bersedia masuk dalam struktur kepengurusan IWO sebagai Dewan Kehormatan bersama Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno, Kapolda NTT Irjen Agung Sabar Santoso, Bupati TTU Raymundus Fernandes, dan Anggota DPR RI Herman Herry.

Baca Juga :  Polda NTT Siapkan Penembak Jitu Amankan Natal dan Tahun Baru

Di tempat yang sama, Ketua IWO NTT Giran Bere meminta dukungan Gubernur Frans, agar IWO bisa selalu bergandengan tangan dengan pemerintah Provinsi NTT untuk melawan berita hoax.

“Hoax itu musuh kita bersama, sehingga kita perlu bersama-sama pula untuk melawannya. Kita juga berterima kasih kepada Pak Gubernur yang juga punya niat besar untuk memerangi berita hoax,”ucap wartawan Kompas.com itu.

Hadir dalam kegiatan audiens itu sejumlah pengurus IWO NTT yakni Dewan Etik IWO Albert Vinsen (Elsinta.com), Sekretaris IWO NTT Amar Ola Keda (Liputan6.com), Bendahara IWO NTT Mutiara Malehere (Victorynews.co.id).

Wakil Sekretaris IWO NTT Yos Kelen (Suara Pembaruan.com), Ketua Bidang SDM Carlens Bising (Timorexpress.fajar.co.id) dan Ketua Bidang Advokasi dan Hukum Dis Amalo (Sinarharapan.com). (gma)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda