Home / Daerah / Lantamal VII Kupang Tegaskan Netral di Pemilu 2019

Lantamal VII Kupang Tegaskan Netral di Pemilu 2019

Pasukan Pengamanan Pemilu 2019/Foto: Penrem Lantamal VII
Pasukan Pengamanan Pemilu 2019/Foto: Penrem Lantamal VII

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang, Nusa Tenggara Timur menyatakan netral pada Pemilu 2019. Lantamal VII juga berkomitmen untuk menjunjung tinggi netralitasnya demi menjamin pemilu berlangsung aman dan damai.

“Satuan, perorangan dan fasilitas tidak dilibatkan di luar tugas dan fungsi TNI dan tidak ikut campur tangan dalam menentukan dan menetapkan peserta pemilu,” kata Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut ( Danlantamal) VII Brigjen (Mar) Kasirun Situmorang saat Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu di Wilayah Lantamal VII di Mako Lantamal VII Kupang, Kamis (21/3/2019).

Penegasan ini merupakan review Dansatgas dari instruksi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menciptakan anggota TNI yang menjunjung tinggi netralitas dalam pelaksanaan pemilu.

Baca Juga :  Kementerian Perhubungan Mulai Bangun Terminal Tipe A Kupang

Netralitas TNI terdiri dari sikap netral anggota dengan tidak memberi dukungan kepada salah satu kontestan. Satuan atau perorangan juga tidak berkampanye atau memberi dukungan dalam bentuk apapun.

Prajurit TNI tidak menggunakan hak pilihnya, mengamankan penyelenggaraan pemilu sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri.

Selain itu, anggota juga dilarang memberikan komentar, penilaian, diskusi, pengarahan dan pernyataan yang bersifat mempengaruhi orang lain. Khusus untuk isteri, suami atau anak, hak memilih merupakan hak individu selaku warga negara sehingga institusi dilarang memberi arahan dalam menentukan pelaksanaan dari hak memilih tersebut.

Apel tersebut diikuti 115 personel berasal dari Yonmar Hanlan VII, Mako Lantamal VII, Pomal Lantamal VII, dan Rumah Sakit Samuel J Moeda Kupang. Untuk mengamankan pemilu, Lantamal VII mengerahkan 500 personel untuk di-BKO kan ke kepolisian. Sebanyak 400 personel di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan 100 personel di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). (Siaran Pers Penrem Lantamal VII)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda