Kunjungi Ekuador, Wagub NTT Timba Pengalaman dari Pengelolaan TN Galapagos

Tanggal Terbit : February 20, 2020 | Lingkungan
Kepulauan Galapagos/Gambar: WikipediaKepulauan Galapagos/Gambar: Wikipedia

Ekuador–Wagub NTT Josef Nae Soi berkunjung ke Ekuador, Amerika Selatan untuk menghadiri Festival Internasional Folklore of Fruit and Flowers yang digelar di Kota Ambato.

Wagub Nae Soi datang bersama 12 penaridari Sanggar Ori Angu, Kabupaten Sumba Timur tersebut juga membawa patung komodo dan alat musik sasando adal Pulau Rote, akan tampil dalam parade mobil hias pekan ini.

Kedatangan mereka ke negara itu tidak hanya menghadiri festival tetapi juga akan menggali pengalaman Ekuador dalam mengelola Taman Nasional (TN) Galapagos. Pengalaman itu yang akan diterapkan dalam pengelolaan TN Komodo di Manggarai Barat.

“Kami hadir tidak saja untuk mengambil bagian di acara Festival Bunga tetapi kami ingin bekerja sama dan saling membagi pengalaman dalam mengurus taman nasional,” ucap Wagub Nae Soi lewat pesan WhatsApp, Kamis (20/2).

Baca Juga :  Debit Berkurang, PDAM Kupang Salurkan Air Bergilir

Dikutip dari Wikipedia, Galapagos adalah sebuah kepulauan yang terdiri dari 13 pulau berapi dan bebatuan. Kepulauan ini terletak di Samudra Pasifik sekitar 1.000 kilometer sebelah barat pesisir Amerika Selatan.

Selain sebagai daerah gunung berapi yang paling aktif di dunia. Galapagos terkenal karena jumlah spesies endemisnya yang besar dan penelitian yang dilakukan Charles Darwin yang membawanya menemukan teori seleksi alam.

Spesies endemis Galapagos adalah Iguana darat (Conolophus subcristatus), Iguana laut (Amblyrhynchus cristatus) yang juga satu-satunya jenis iguana yang makan makanan dari laut)

Seain itu, Kura-kura Raksasa Galapgos (Geochelone elephantopus, dikenal sebagai Galápago dalam bahasa Spanyol, adalah binatang yang menjadi asal nama kepulauan ini, serta 13 spesies endemis burung kutilang, Pinguin Galapagos (Spheniscus mendiculus) Burung laut yang tak terbang (Nannopterum harrisi). (*/wikipedia)