Home / Nasional / KSAD Dicalonkan Jadi Panglima, TNI Tetap Solid

KSAD Dicalonkan Jadi Panglima, TNI Tetap Solid

Bagikan Halaman ini

Share Button
KSAD Jendral TNI Gatot Nurmantyo

KSAD Jendral TNI Gatot Nurmantyo

Yogyakarta–Presiden Joko Widodo menunjuk KSAD Jendral TNI Gatot Nurmantyo sebagai calon Panglima TNI. Pilihan yang melenceng dari tradisi bergiliran ini bukan gangguan terhadap soliditidas TNI.

“Sebab Pak Gatot adalah sosok yang tepat untuk menjadi Panglima TNI. Beliau profesional dan punya banyak prestasi,” kata Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ditemui usai menjadi pemateri dalam seminar swasembada pangan di Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Rabu (9/6/2015), Zul yakin TNI tetap solid siapa pun Panglima TNI yang Presiden RI tunjuk. “Tidak akan pecah. Semua sudah sesuai,” tegasnya.

Politikus PAN ini mengingatkan penunjukan calon Panglima TNI adalah hak preogratif presiden. Meski ada tradisi bergiliran yang dimulai sejak era Presiden Gus Dur, namun dalam prinsip tidak ada aturan legal yang dilanggar Presiden Jokowi.

Baca Juga :  Generasi Muda NTT Harus Pahami 4 Konsensus Kebangsaan

Sebelumnya Presiden Jokowi melalui Menteri Dalam Negri Tjahyo Kumolo mengatakan penunjuk Gatot Nurmantyo untuk penunjang wawasan kemaritiman yang selaras dengan ide pembentukan komando wilayah pertahanan yang dibuat oleh Angkatan Darat.

“Dari aspek Strategis dalam rangka menunjang wawasan kemaritiman akan didukung dengan dibentuknya tiga komando pertahanan yakni barat,tengah dan timur seperti rencana panglima TNI Moeldoko,” jelas Tjahyo Kumolo dalam keterangan tertulis. (metrotvnews.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda