Home / Politik / KPU NTT Sosialisasi Pemilu kepada Pemilih Pemula

KPU NTT Sosialisasi Pemilu kepada Pemilih Pemula

foto: lintasntt.com
foto: lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–KPU NTT menggelar sosialisasi pemilu 2019 kepada pemilih pemula di Kupang, Sabtu (1/9) malam.

Sosialisasi dipusatkan di halaman Taman Budaya Gerson Poyk, Kota Kupang dan dihadiri puluhan siswa-siswi SMA, mahasiswa, guru dan dosen. Sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman kepada pemilih pemula mengenai pemilu, surat suara, para calon yang akan dipilih pada pemilu yang akan digelar pada 17 April 2019.

Ketua KPU NTT Maryanti Adoe mengatakan, di pemilu 2019 ada lima surat suara yaitu calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR RI, calon anggota DPRD Provinsi, calon anggota DPRD Kota dan Kabupaten, serta calon anggota DPRD.

“Kami juga mengenalkan calon-alon yang akan dipilih di pemilu 2019. Kenali track record mereka sehingga nanti pada pemilu 2019 tidak salah menentukan pilihanmm,” kata Maryanti.

Baca Juga :  SBD dan TTS Rawan Gangguan Keamanan

Calon-calon tersebut diperkenalkan kepada para pemilih pemula di layar yang diletakan di samping panggung. Menurut Maryanti, ada 923 calon anggota DPRD Provinsi yang diusung 16 parpol. Ratusan calon itu memperebutkan 65 kursi DPRD Provinsi.

Selain itu terdapat 36 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang akan memperebutkan empat kursi. “Sosialisasi ini juga bertujuan meningkatkan partisiasi pemilih,” kata Maryanti.

Dia menyebutkan pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT 2018, partisipasi pemilih hanya 74,06% atau dibawah standar nasional yang ditetapkan KPU sebesar 77,05%. “Kami sangat berharap mereka yang sampai 17 April 2109 sudah bersia 17 tahun, sudah terdaftar di DPT agar bisa menggunakan hak pilihnya,” ujarnya. (sumber: mi/p)

Baca Juga :  Poros Jokowi-JK NTT: Jangan Coba-Coba Bermain Curang

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda