Home / Politik / KPU NTT Sortir Ulang Surat Suara Rusak untuk Tutupi Kekurangan

KPU NTT Sortir Ulang Surat Suara Rusak untuk Tutupi Kekurangan

ILUSTRASI: Surat Suara Pemilu 2019/Foto: Lintasntt.com
ILUSTRASI: Surat Suara Pemilu 2019/Foto: Lintasntt.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupamg–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur menyortir ulang surat suara rusak atau tidak layak untuk menutupi kekurangan surat suara sebanyak¬†998.848 lembar.

Surat suara rusak tersebut sebelumnya ditemukan dalam kegiatan penyortiran dan pelipatan di 22 KPU kabupaten dan kota.

Penyortiran dilakukan sesuai petunjuk teknis yang telah diturunkan KPU RI mengenai kriteria surat suara tidak layak dan rusak atau cacat serta kriteria surat suara cacat cetak tapi masih layak digunakan sejak 21 Maret 2019.

“Sortir ulang surat suara hasil sortir yang telah dikategorikan rusak dengan presentase di atas 5%. Sedangkan kerusakan surat suara di bawah 5% sudah dicetak,” kata Anggota Bawaslu NTT Yemris Fointuna sesuai teleconference antara Bawaslu dan KPU NTT bersama KPU RI, Selasa (9/4).

Baca Juga :  Fary Francis: Soal Reshuffle, Penyerapan APBN Jadi Tolak Ukur

Menurut Yemris, KPU RI minta sortir ulang surat suara dilakukukan pada Selasa, dan hasilnya langsung dilaporkan ke KPU RI pada Selasa malam.

Sesuai surat KPU tersebut, ada 14 KPU kabupaten yang diminta melakukan sortir ulang surat suara yakni KPU Timor Tengah Selatan, Kupang, Belu, Rote Ndao, Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Ngada, Nagekeo, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Timur, Sabu Raijua.

Untuk KPU Timor Tengah Selatan, sortir ulang dilakukan untuk surat suara DPR RI, dan surat suara DPR Provinsi dapil 8, dan surat suara DPRD kabupaten dapil 1 dan 2. Selanjutnya, KPU Kabupaten Kupang melakukan sortir ulang surat suara DPR RI untuk dapil 2, surat suara DPRD Provinsi Dapil 2, dan Surat Suara DPRD kabupaten dapil 1, 2,3 dan 4. (mi)

Baca Juga :  Bung Sila, Menawarkan Politik untuk Kemanusiaan

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda