Home / Humaniora / Kota Kupang segera Miliki Kawasan Tanpa Rokok

Kota Kupang segera Miliki Kawasan Tanpa Rokok

Ilustrasi : Setop Merokok
Ilustrasi : Setop Merokok

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Pemerintah Kota Kupang segera menetapkan kawasan tanpa rokok.

Saat ini Peraturan Wali Kota Kupang (Perwali) Nomor 34 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok tengah dibahas oleh jajaran Forum Koordinasi Pemerintah Kota Kupang untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Yunus Bureni, Perancang Muda Peraturan dan Perundang-undangan sekaligus Koordinator Perancang Peraturan Perundang-undangan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur mengatakan itu kepada wartawan di Kupang, Selasa (5/1).

“Kita tidak melarang orang merokok tetapi kita mengarahkan perilaku orang yang merokok untuk merokok tidak di sembarang tempat,” ujarnya.

Menurutnya penetapan kawasan tanpa rokok mengacu pada Peraturan Pemerintah nomor 109 Tahun 2012 tentang penetapan kawasan bebas rokok pada sebuah pemerintahan.

Baca Juga :  Medah Memantau Pelayanan Panitia dari Dapur Sampai Pameran Batu Akik

Sedangkan untuk substansi tim pembuat peraturannya adalah Perpres Nomor 87 Tahun 2014. Pembahasan ini melibatkan unsur dari Dinas Kesehatan, Bagian Hukum, Kanwil Kemenkumham, Akademisi dan Peneliti.

Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan dan Program Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Kupang Sry Wahyuningsih menjelaskan, pihaknya membutuhkan masukan, kritik dan saran yang bermanfaat untuk penyempurnaan peraturan tersebut. “Pembahasan ini akan menjadi masukan yang penting bagi penyempurnaan peraturan ini,” kata Dia. (rr)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda