Home / Nasional / Kota Kupang Dapat Bantuan 4 alat Berat untuk TPA Alak

Kota Kupang Dapat Bantuan 4 alat Berat untuk TPA Alak

Wali Kota Kupang Jonas Salean (kedua dari kiri) menerma bantuan alat berat. Foto: Ellya
Wali Kota Kupang Jonas Salean (kedua dari kiri) menerma bantuan alat berat. Foto: Ellya

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Pemerintah Kota Kupang mendapat bantuan empat alat berat yang akan dioperasikan di tempat pembuangan akhir (TPA) Kelurahan Alak.

Bantuan berasal dari Sub Direktorat Penyehatan Lingkungan, Kementerian PU dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) tersebut terdiri dari satu unit eskavator, satu unit buldozer, dan dua unit dump truk berkapasitas masing-masing enam kubik.

Bantuan diterima wali kota Kupang di Jakarta. Dump truk akan difungsikan mengangkut sampah dari permukiman penduduk ke TPA,

“Atas nama pemerintah Kota Kupang, wali kota menyampaikan terima kasih atas bantuan alat berat ini karena manfaatnya sangat besar,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kupang Obed Kadji kepada wartawan akhir pekan lalu.

Baca Juga :  Komisi V DPR Setujui Anggaran 3 Kementerian Dipangkas

Saat ini empat alat berat tersebut dalam proses pengiriman dari Jakarta ke Kupang. Bantuan tersebut dalam rangka mendorong pelayanan lingkungan yang terbebas dari sampah dan limbah.

Direktur Jenderal Cipta Karya PU-Pera Andreas Suhono, pembangunan lingkungan bersih tidak bisa dilakukan jika hanya dari pemerintah pusat, namun juga pemerintah daerah (pemda).

Untuk itu, Kementerian PU-Pera menyiapkan anggaran yang digunakan untuk membeli alat-alat berat. “Totalnya 42 unit, nilainya Rp 115 miliar,” ujar Andreas di Jakarta, Senin, 25 Januari lalu.

Kota Kupang termasuk satu dari 12 daerah yang menerma alat berat tersebut. Daerah lainnya, Kabupaten Ende, Kabupaten Manggarai Barat, Kota Banda Aceh, Kota Jambi, Kota Tebing Tinggi, Kota Semarang,  Kabupaten Kapuas, dan Kabupaten Semarang. Selanjutnya, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Pesisir Selatan. (rr/kompas.com)

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda