Home / Dunia / Korban Tewas Kudeta Gagal di Turki Capai 265 orang

Korban Tewas Kudeta Gagal di Turki Capai 265 orang

Tentara Ditangkap
Tentara Ditangkap

Bagikan Halaman ini

Share Button

Ankara–Korban tewas kudeta yang berakhir gagal di Turki dilaporkan mencapai 265 orang.

Dari ratusan korban tewas tersebut, terdapat 161 pasukan pemerintah dan warga sipil, korban lainnya dari anggota militer pengkudeta. Selain itu, 2.839 personel militer ditahan, dan korban luka-luka mencapai 1.440 orang.

Kudeta oleh militer Turki terhadap pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan terjadi Jumat (15/7/2016) malam waktu setempat

Hal tersebut disampaikan Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim dalam keterangan pers yang dilansir Aljazeera.

Kepala Staf Militer Umir Dundar menuturkan, ada 104 milisi pengkudeta dan setidaknya 47 warga sipil tewas pada Sabtu (16/07).

Menurut salah seorang pejabat pemerintah, operasi sistematis terhadap kudeta telah selesai dilakukan. Namun pembersihan di lapangan masih dapat berlangsung hingga beberapa ke depan.

Baca Juga :  Hotel Beratmosfer Kapal Titanic Segera Dibangun

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan upaya untuk menggulingkan dia dari kekuasaan adalah “tindakan pengkhianatan”. Mereka yang melakukan kudeta, tutur Erdogan, akan membayar mahal tindakannya.

“Tak lama setelah saya meninggalkan Marmaris, saya telah diberitahu bahwa mereka membom lokasi di mana saya berada,” katanya kepada wartawan.

Erdogan menilai, para pengkudeta telah mempersenjatai rakyat untuk melawan rakyat. Dia dan 52 persen orang-orang dalam pemerintahan menyatakan bertanggungjawab terhadap kondisi yang ada saat ini.

“Pemerintah ini dibawa ke kekuasaan oleh rakyat. Mereka tidak akan berhasil selama kita melawan mereka dengan mempertaruhkan segalanya,” tegas Erdogan. (Aljazeera)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda