Home / Nasional / Komisi V DPR Prihatin atas Kebakaran KM Santika Nusantara

Komisi V DPR Prihatin atas Kebakaran KM Santika Nusantara

Fary Francis
Fary Francis

Bagikan Halaman ini

Share Button

Jakarta–Komisi V DPR RI menyampaikan duka dan keprihatinan atas musibah terbakarnya Kapal Motor (KM) Santika Nusantara di perairan Pulau Masalembu, Sumenep, Jawa Timur, Kamis (22/8) sekitar pukul 20.45 WIB.
“Komisi V DPR RI mengucapkan duka cita yang mendalam kepada para korban dan keluarga atas terjadinya musibah terbakarnya KM Santika Nusantara dan mendesak KNKT dan Kepolisian untuk menyelidiki dan menemukan sebab-sebab terjadinya kecelakaan dan menyampaikan hasilnya kepada publik sesuai peraturan perundang-undangan,” ujar Ketua Komisi V DPR Fary Francis, Minggu (25/8).

Musibah tersebut mengakibatkan tiga orang meninggal terdiri dari dua penumpang dan mualim 1.

Fary mengatakan, Komisi V DPR RI menyayangkan lemahnya pengawasan Pemerintah terhadap penyelenggaraan angkutan laut khususnya terhadap pemeriksaan barang khusus dan barang berbahaya serta masih adanya data manifest penumpang yang simpang siur.

Baca Juga :  Mendagri Letakan Batu Pertama Monumen Patung Soekarno di Motaain

Untuk itu, selain peningkatan pengawasan diperlukan pula peningkatan pelayanan dengan penerapan x-ray scanning bagi kendaraan serta pemberlakuan system pembelian dan aplikasi tiket secara online dan menggunakan system check in dan boarding seperti telah dilakukan di penerbangan dan Kereta api.

“Komisi V DPR RI mendesak agar dilakukan evaluasi yang mendalam terhadap dugaan berulangnya kejadian yang mirip terjadi pada kecelakaan ini dengan kecelakaan dua tahun sebelumnya pada KM Mutiara Sentosa I pada 2017 sehingga kejadian ini tidak berulang kembali,” ujarnya. (mi)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda