Home / Nasional / Komisi V DPR Desak KNKT Investigasi Penyebab Terbakarnya KM Awu

Komisi V DPR Desak KNKT Investigasi Penyebab Terbakarnya KM Awu

Fary Djemi Francis
Fary Djemi Francis

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis mendesak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menginvestigasi penyebab terbakarnya Kapal Motor (KM) Awu saat naik dok di Galangan Janata Marina Indah, Kawasan Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang pada (25/3) pukul 18.00 WIB.

“Hasil investigasi itu dilaporkan ke Komisi V DPR RI. Kami juga mendesak Kementerian Perhubungan dalam hal ini Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan setempat untuk meningkatkan pengawasan terhadap kapal yang berada di kawasan pelabuhan termasuk yang berada di galangan kapal,” katanya kepada wartawan, Rabu (27/3).

Fary juga minta ada perbaikan di manajemen kepelabuhanan, serta meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran seperti melengkapi pelabuhan dengan kapal pemadam kebakaran.

Baca Juga :  800 Tentara Dikirim ke Perbatasan RI-Timor Leste

Menurut Fary, Komisi V juga mendesak Kementerian Perhubungan dan PT Pelni untuk memberi jaminan agar ada pengganti sementara sehingga rute-rute pelayaran KM Awu tetap terlayani yaitu Kumai-Surabaya-Benoa-Bima-Waingapu-Ende-Kupang-Kalabahi.

“Kalau kapalnya rusak, mesti ada kapal pengganti dengan rute yang sama. Kalau tidak, penumpang rute ini dirugikan,” ujarnya. (mi/po)
.

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda