Home / Nasional / Komisi V DPR akan Bentuk Panja Pembangunan dan Pemeliharaan Jembatan

Komisi V DPR akan Bentuk Panja Pembangunan dan Pemeliharaan Jembatan

Jembatan Suramadu/Foto: Lintasntt.com/Gamaliel
Jembatan Suramadu/Foto: Lintasntt.com/Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Ketua Komisi V DPR Fary Francis mengatakan pihaknya segera membentuk panitia kerja (panja) pembangunan dan keselamatan jembatan.

Pembentukan panja bertujuan meningkatkan pengawasan mulai perencanaan sampai jembatan selesai dibangun. Pasalnya saat ini banyak jembatan tidak diawasi secara cermat sehingga rusak dan tidak bertahan lama.

“Panja ini terobosan Komisi V sehingga tidak terjadi salah pemeliharan jembatan,” katanya kepada wartawam beberapa waktu lalu.

Fary mencontohkan Jembatan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur ambruk pada akhir November 2011, menewaskan 24 orang, 39 orang luka dan 12 orang lainnya hilang. “Jembatan itu rubuh karena salah pemeliharaan,” kata Dia.

Selain itu Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya-Madura juga mengalami hal yang sama. Banyak instrumen jembatan tersebut hilang karena dicuri. Komisi V ingin jembatan yang sudah dibangun, tetap dijaga.

Baca Juga :  Gempa 5,4 SR Guncang Manggarai Barat

Menurut Fary, pemerintah harus memiliki bank data jembatan. Di situ tertera usia jembatan, jadwal pemeliharaan, dan rencana pemerintah membangun jembatan baru. (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda