Home / Nasional / Komisi V DPR Akan Bentuk Panja Dana Desa

Komisi V DPR Akan Bentuk Panja Dana Desa

Ketua Komisi V DPR Fary Francis (kanan). Foto: Gamaliel
Ketua Komisi V DPR Fary Francis (kanan). Foto: Gamaliel

Bagikan Halaman ini

Share Button

Jakarta–Ketua Komisi V DPR Fary Djemi Prancis mengatakan, Komisi V DPR akan membentuk Panitia Kerja (Panja) Pemanfaatan Dana Desa agar bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk masyarakat desa.

“Beberapa waktu lalu, kami melakukan kunjungan ke beberapa desa di Kabupaten Kota, kami  mendapat informasi terjadi kebolongan-kebolongan dalam pemanfaatan dana desa itu, dan banyak pula masyarakat desa yang tidak tahu mengenai dana desa, dan yang tahu hanya para elit-elit ditingkat desa, untuk itu secara tegas Komisi V bersama-sama akan membentuk Panja Pemanfatan Dana Desa,”jelas Fary di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/3/2016).

Menurut Fary, pembentukan Panja ini penting, karena untuk tahun 2016 ini, dana desa yang dikucurkan meningkat hampir 100 persen, “Dana yang dikucurkan untuk dana desa sekarang meningkat dari 20,9 triliun menjadi 47 triliun untuk tahun 2016, itu naik sampai 100 persen,”terangnya.

Baca Juga :  Ini 6 Menteri Baru Kabinet Kerja yang Dilantik Presiden

Jadi untuk tiap desa, jelas Fary, untuk tahun 2016 mendapat hampir 700 hingga 800 juta perdesa, “Tahun 2015 lalu perdesa kurang lebih 200 sampai 300 juta, sekarang meningkat, jadi jangan main-main, ini dana cukup besar,”tegas Fary.

Lebih lanjut, ia menambahkan, bahwa Komisi V DPR akan terus memantau secara langsung pemanfaatan dana desa ini, dan berharap dana desa dimanfaatkan oleh masyarakat desa itu sendiri.

Selain itu, terkait pendamping desa, terang Fary, yang pertama pemerintah diharapkan memanfaatkan yang sudah ada, seperti fasilitator PNPM, “Yang kedua, kami minta fasilitator desa ditingkat desa, kecamatan dan daerah, memanfaatkan SDM dari masyarakat desa itu sendiri, jadi kalau kami mendapat informasi ada intervensi terkait pemilihan pendamping desa, akan kami dalami,”tegasnya. (dpr.go.id)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda