Home / Politik / KNPI Punya Pengaruh Besar dalam Pilpres 2019

KNPI Punya Pengaruh Besar dalam Pilpres 2019

Rakernas KNPI 2018
Rakernas KNPI 2018

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) saat ini mencapai ratusan juta orang patut diperhitungkan dalam pemilu presiden (pilpres) 2019.

“Total anggota KNPI 100 juta orang akan cukup menentukan pilihan politik 2019 mendatang,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Nusa Tenggara Timur Hermanus Th Boki dalam konferensi pers jelang Rakernas KNPI di Kupang, Minggu (3/6/2018).

Rakernas KNPI digelar mulai 7-9 Juni 2018 di Kupang dijadwalkan dibuka Ketua MPR Zulkifli Hasan dan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Kegiatan ini dihadiri 364 orang yang berasal dari perwakilan KNPI di seluruh Indonesia.

Menurut Hermanus, orang muda memiliki idealisme dan kapasitas sehingga harus mengambil bagian secara langsung dalam dinamika politik 2019. “Kita berupaya memaknai ruang-ruang politik dengan berpartisipasi aktif untuk mengambil bagian dalam dunia praktis 2019 mendatang,” ujarnya.

Baca Juga :  DPT Pemilu Legislatif di NTT Menyusut Lagi

Namun Dia memastikan tidak ada agenda Rakernas yang membahas masalah politik, apalagi menyinggung pemilihan gubernur NTT atau pemilihan bupati dan wakil bupati di 10 kabupaten di daerah itu. “Kita tidak singgung apapun soal pilgub NTT. Biarkan masyarakat menentukan pilihannya sendiri tanpa diprovokasi oleh siapapun,” ujarnya.

Kebijkan itu demi menjaga suasana di daerah tetap aman dan kondusif. Akan tetapi, jika KNPI ingin mengeluarkan seruan politik, tentu didiskusikan bersama peserta sebelum disampaikan ke publik.

Rakernas KNPI merupakan bagian dari amanat konstitusi organisasi untuk merumuskan hal-hal strategis dalam dinamika kepemudaan, serta mengevaluasi perjalanan KNPI periode sebelumnya.

Rakernas dengan tema ‘Pemuda Indonesia Mantapkan Gerakan Politik dan Ekonomi’ ini baru pertama kali digelar di Kupang sejak KNPI berdiri pada 1976.

Baca Juga :  Isodorus Lilijawa Siap Bertarung di Pilkada Kota Kupang

Kerena itu, pada kesempatan tesebut KNPI NTT mengumumkan berbagai persoalan di daerah yang juga menjadi keprihatinan dan perjuangan bersama pemuda di seluruh Indonesia. Persoalan yang terjadi NTT mulai dari perdagangan manusia (human trafficking), korupsi, dan kemiskinan. (mi/po)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda