Home / Humaniora / Kick Andy dan CIMB Niaga Bagi-bagi Sepatu di Nekamese

Kick Andy dan CIMB Niaga Bagi-bagi Sepatu di Nekamese

Siswa SD GMIT Oekona, Desa Oenif, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, NTT. Copyright: Palce Amalo
Siswa SD GMIT Oekona, Desa Oenif, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, NTT. Copyright: Palce Amalo

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Kick Andy Foundation menyerahkan 1.318 pasang sepatu kepada siswa sekolah terpencil yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia Timur, Kamis (29/9).

Pembagian sepatu dilakukan secara simbolis kepada 69 siswa SD GMIT Oekona, Desa Oenif, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) lewat program ‘Sepatu Untuk Negeri dan Ayo Menabung dan Berbagi 2016’, kerjasama CIMB Niaga dan Yayasan Tangan Pengharapan.

Sepatu lengkap dengan kaos kaki diserahkan oleh Ketua Harian Kick Andy Foundation Ali Sadikin kepada perwakilan siswa SD tersebut. Penyerahan sepatu juga dilakukan di Halmahera Utara (Maluku Utara), Nabire (Papua), Karangasem (Bali), dan Sumba Barat dan Kupang (NTT).

“Uang untuk membeli sepatu ini berasal dari anak-anak sekolah di daerah lain. Anak-anak itumengumpulkan sisa uang jajannya untuk jadi banyak kemudian dibelikan sepatu,” ujarnya.

Karena itu, penyerahan sepatu merupakan bentuk laporan Kick Andy Foundation kepada masyarakat bahwa uang yang mereka sumbangkan sudah diterima anak-anak sekolah dalam bentuk sepatu.

Baca Juga :  Uni Eropa-Plan Danai Program Produksi dan Konsumsi Ikan Berkelanjutan di NTT

Menurutnya pembagian sepatu bagi anak-anak sekolah di Nusa Tenggara Timur sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Sampai tahun ini, sepatu yang sudah dibagikan sekitar 5.000 pasang tersebar di beberapa kabupaten antara lain Kupang, Flores Timur, dan kabupaten lainnya di Pulau Sumba.

Program ini merupakan bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan Indonesia sekaligus rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) CIMB Niaga ke-61, serta bentuk akuntabilitas program Ayo Menabung dan Berbagi yang sudah digelar di 10 kota di Tanah Air.

Menurutnya, Kick Andy Foundation fokus pada bidang pendidikan untuk anak-anak, tidak hanya di Indonesia Timur tetapi juga di Indonesia barat. Banyak anak sekolah di Sumatera dan selatan Pulau Jawa hanya mengenakan sendal ke sekolah. “Sepatu itu awal melangkah. Ini adalah awalmu belajar melangkah dengan baik, untuk belajar, pergi ke gereja, dan berolahraga,” ujarnya.

Program sepatu untuk negeri ini terinspirasi dari novel berjudul ‘Sepatu Dahlan’ yang menggambarkan Dahlan yang berasal dari keluarga miskin, baru bisa mengenakan sepatu ketika duduk di kelas II Madrasah Aliyah (MAN). Namun dengan segala kekurangannya, Dahlan berhasil menjadi orang sukses. “Semangat (Dahlan) itu yang sebetulnya kita tularkan kepada anak-anak,” kata Ali.

Baca Juga :  Romantis, Nanang Lamar Kekasihnya saat Gerhana Matahari

Guru SD GMIT Oetona, Leonard Bolle menyampaikan terima kasih kepada Kick Andy Foundation membagikan sepatu kepada murid di sekolah yang berjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Kupang tersebut. “Kami sangat mengharapkan bantuan seperti ini,” kata Leonard.

Community Development Head CIMB Niaga Susy Hermanses mengatakan program “Program Ayo Menabung dan Berbagi merupakan program CSR CIMB Niaga yang fokus kepada pendidikan anak-anak Indonesia “Targetnya adalah untuk memberikan ilmu perbankan sejak dini kepada anak-anak di Indonesia,” kata Dia.

Menurut Dia, program tersebut sudah digelar dua kali di NTT yang mengajarkan tentang perbankan dan sifat menabung kepada anak-anak. “Kita tanamkan budaya menabung sejak kecil yang diharapkan kegiatan menabung ini dapat dilakukan sampai dewasa,” ujarnya. (sumber: mi/palce)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda