Home / Rote-Sabu / Kemudi Rusak, KM Ranaka Terombang-ambing di Laut Sawu Selama 20 Jam

Kemudi Rusak, KM Ranaka Terombang-ambing di Laut Sawu Selama 20 Jam

KM Ranaka
KM Ranaka

Bagikan Halaman ini

Share Button

Kupang–Kapal Motor (KM) Ranaka yang mengangkut 196 penumpang dari Kupang ke Sabu, terombang-ambing di Laut Sawu selama 20 jam akibat mengalami kerusakan kemudi.

Kepal tersebut juga mengangkut 26 kendaraan roda dua dan 13 kendaraan roda empat.

“Kemudi kapal macet sekitar 20 mil sebelum tiba di Pelabuhan Sabu sehingga kami mengirim kepal untuk menariknya ke pelabuhan,” kata Kepala PT ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Arnoldus Yansen kepada lintasntt.com, Jumat (65/2016).

Musibah tersebut sempat menimbulkan kepanikan penumpang. Beruntung saat kejadian cuaca normal dan tidak terjadi gelombang tinggi.

Menurut Arnoldus, kerusakan kemudi musibah terjadi Rabu (4/5) sekitar pukul 17.30 Wita. KM Ile Mandiri yang dikirim dari Kupang untuk menyelamatkan penumpang, tiba pada Kamis (5/6) sekitar pukul 14.00 Wita.

Baca Juga :  Tinggi Gelombang di Selat Pukuafu Berkurang jadi 3 Meter

KM Ile Mandiri kemudian menarik kepal ke Pelabuhan di Sabu Timur dan sandar sekitar pukul 20.00 Wita atau menempuh pelayaran dari lokasi musibah sekitar 6 jam.

“Setelah kapal sandar, kemudi diperbaiki dan diberi oli. Sekarang sudah kembali normal. Seluruh penumpang sudah turun di Sabu,” kata Dia.

Menurutnya KM Ranaka telah bertolak kembali ke Kupang mengangkut ratusan penumpang, kendaraan roda dua dan roda empat. Kapal dijadwalkan tiba di Kupang pada Sabtu (7/5). (gma)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda