Home / Dunia / Kelompok Abu Sayyaf Sandera Kapal Indonesia

Kelompok Abu Sayyaf Sandera Kapal Indonesia

Facebook Kapten Kapal
Facebook Kapten Kapal

Bagikan Halaman ini

Share Button

Sangihe–Kapal Tugboat Brahma 12 milik Perusahaan Pateia Maritim Line dilaporkan disandera Kelompok Abu Sayyaf pada Sabtu 26 Maret 2016.

Kapal disandara saat dalam pelayaran mengangkut batubara dari Banjarmasin tujuan Filipina.

Abu Sayyaf ialah kelompok milisi Islam yang bermarkas di Filipina menangkap kapal tersebut di sekitar Pulau Jolo.

Awalnya kabar tersebut tersebar di facebook. Anggota DPRD Sulawesi Utara, asal Daerah Pemilihan Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sitaro dan Talaud, Marvel Dick Makagansa mengatakan kabar tersebut disampaikan pelaut dari Sangihe, Sulawesi Utara.

Marvel mendesak Kementerian Luar Negeri RI segera bertindak menyelesaikan masalah. Dia menyebutkan di kapal itu tak hanya warga berdarah Sangihe, tapi mereka merupakan warga negara Indonesia yang perlu mendapatkan perlindungan.

Baca Juga :  Sejumlah Kepala Negara Mulai Tiba di KTT Asia Afrika

“Hasil konsultasi dengan teman-teman di Fraksi PDIP yang ada di Komisi I DPRD Sulut yang membidangi masalah hukum dan HAM, maka kasus ini akan menjadi prioritas untuk diselesaikan. Dan kami mendesak Kementerian Luar Negeri dan instansi terkait untuk sesegera mungkin bertindak menyelesaikan masalah ini,” ujar putra Bupati Sangihe, HR Makagansa ini, Senin, 28 Maret 2016.

Dia juga berharap semua kru, termasuk Kapten Peter Tonsen Barahama dalam kondisi sehat. “Kita berdoa semoga semua kru kapal dan kapten dalam kondisi sehat,” katanya. (viva)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda