Home / Travel / Kelimutu dan Komodo Masuk Taman Nasional Terbaik di Asia Tenggara

Kelimutu dan Komodo Masuk Taman Nasional Terbaik di Asia Tenggara

Bagikan Halaman ini

Share Button
Danau Kelimutu/Foto: Media Indonesia

Danau Kelimutu/Foto: Media Indonesia

Lintasntt.com:  kaya akan wisata alam dan lautnya. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Taman Nasional Indonesia memiliki keindahan terbaik se-Asia Tenggara.

Asia Tenggara rumah bagi banyak Taman Nasional besar mencakup beragam lanskap dan satwa liar, termasuk Indonesia. Dari sekian banyak Taman Nasional di Asia Tenggara, ternyata terdapat sepuluh yang menonjol untuk lingkungan unik dan luar biasa seperti dilansir Huffingtonpost, dan dua di antaranya berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Indonesia:

Bromo

Gunung Gunung Bromo memiliki ketinggian 2,329 MDPL dan dikelilingi pemandangan gurun yang luas. Bahkan dikenal sebagai Laut Pasir. Melihat matahari terbit di atas Bromo, kemudian untuk menuju puncaknya maka Anda bisa naik kuda di dataran berpasir untuk mendaki Gunung Bromo itu sendiri. Di puncak Bromo terdapat kawah.

Pulau Komodo

Tempat ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO dan memiliki Taman Nasional meliputi 1.733 kilometer persegi, terdapat tiga pulau vulkanik Komodo, Padar dan Rinca, bersama 26 pulau kecil dan perairan sekitarnya. Pulau-pulau yang terkenal menjadi rumah bagi kadal atau komodo terbesar di dunia.

Taman Nasional ini didirikan untuk melindungi spesies endemik ini. Sekarang, lebih banyak tanah dan laut spesies telah diakui untuk kepentingan mereka dari pulau-pulau ‘savannah, mangrove dan hutan awan, dan perairan sekitarnya, yang merupakan rumah bagi kehidupan laut seperti hiu paus dan pari manta.

Taman Nasional Kelimutu

Di pulau Flores Indonesia terdapat wilayah pegunungan Taman Nasional Kelimutu berisi pulau tertinggi puncak 1.731 meter yang ada di Gunung Kelibara, dan menjadi daya tarik Gunung Kelimutu karena memiliki tiga danau kawah berwarna. Belum lagi terdapat hutan pinus sekitarnya juga terkenal karena kelimpahan spesies tanaman dan hewan yang terancam punah, termasuk Rusa Jawa dan Drongo. Melihat matahari terbit di Kelimutu dan kemudian mendaki melalui hutan ke danau.

Baca Juga :  Eksotisme Pantai Liman Semau Layak Dikunjungi

Malaysia

Taman Negara National Park

Memiliki luas di 4.343 kilometer persegi. Kawasan ini memiliki hutan hujan tertua Taman Negara yang masing-masing habitat hutan di Malaysia, dari hutan hujan dataran rendah ke dataran tinggi hutan awan. Tempat ini memiliki jejak alam angin yang ada di dalam gua, air terjun dan pemukiman Orang Asli. Tempat ini juga terdapat Harimau dan badak Sumatera, siamang, burung enggang dan elang.

Gunung Mulu National Park

Dekat dengan Miri di Sarawak, Situs Warisan Dunia UNESCO terdiri dari puncak batu pasir Gunung Mulu, gua besar dan formasi karst yang merupakan bagian dari jaringan gua besar, serta tebing dan jurang. Wilayah ini berupa hutan sehingga menjadi rumah bagi delapan spesies rangkong dan mamalia seperti beruang madu Malaysia kecil. Karena lokasinya terpencil, satu-satunya cara untuk mencapai Mulu adalah dengan mengambil penerbangan singkat dari Miri, tetapi sekali berada di sana peluang untuk ekowisata dan gua eksplorasi membuat perjalanan berharga.

Thailand

Khao Sok National Park

Di provinsi Surat Thani Thailand selatan, 739 kilometer persegi Taman Nasional ini berisi hutan cemara tertua di dunia di seluruh lembah dan di antara pegunungan kapur, dengan air terjun, gua dan danau tersembunyi, terutama Cheow Lan danau, yang menonjol untuk rumah yang dirakit apung, serta keindahannya. Terdapat pula satwa liar, seperti gajah liar, monyet lutung berkacamata dan burung enggang.

Baca Juga :  Batu Hun-Suelai Penanda Termanu

Pha Taem National Park
Di provinsi Ubon Ratchathani Thailand, 340 kilometer persegi Taman Nasional ini menggabungkan hutan hujan tropis dataran rendah dan tebing Pha Taem mana seni batu tiga ribu tahun dapat dilihat dari atas. Bahkan bisa melihat ke Laos. Terdapat pula air terjun, seperti 25 meter Nam Tok Soi Sawan dihiasi seluruh hutan, serta ikon formasi batuan berbentuk jamur taman dan lapangan bunga terbesar di Thailand.

Khao Yai National Park

Tersebar di 300 kilometer persegi Sankamphaeng pegunungan Thailand, Ttaman Nasional Khao Yai berkisar 400 hingga 1.000 meter di ketinggian. Memiliki padang rumput dan hutan hijau, dengan kelimpahan satwa liar, seperti gajah liar, owa dan beruang hitam Asia. Air terjun taman, Heo Narok paling mengesankan di 80 meter. Mencoba kayak dan arung jeram, atau menjelajahi 50 taman kilometer dari hiking trails.

Vietnam

Hoang Lien Taman Nasional

Di kawasan yang sangat indah Vietnam Sapa, Hoang Lien terdapat Taman Nasional meliputi 30 kilometer persegi tanah dalam kisaran Hoang Lien Son, termasuk gunung tertinggi di Fansipan, yang berada 3.142 meter di atas permukaan laut. Punya iklim sedang dan sub-beriklim karena diselimuti hutan hujan pegunungan, memiliki flora dan fauna, termasuk sebanyak 347 spesies burung. (okezone)

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button

Komentar Anda